Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 21 Agustus 2013

Money Management - Rahasia Para Milyuner Dunia

Beberapa bulan lalu, saya mengikuti training "Millionaire Mind" yang diselenggarakan di Jakarta. Salah satu materi yang disampaikan adalah bagaimana para milyuner dunia memenej uangnya.Ternyata caranya cukup sederhana.

money management
Hanya dengan membagi gaji yang kira dapatkan dalam 7 jar (kaleng) atau yang biasa dipakai adalah amplop. Jika nominal nya sudah besar, tentunya bisa menggunakan rekening yang terpisah.

Intinya adalah dari penghasilan yang kita dapatkan setiap bulan, kita alokasikan:
1. 10% untuk investasi atau account untuk menuju financial freedom kita. Kita bisa memilih investasi yang terbaik bagi kita.

2. 10% alokasi untuk membeli barang atau sesuatu yang kita impikan. Bisa jadi impian kita adalah kendaraan, rumah atau barang berharga lainnya.

3. 10% alokasi untuk meningkatkan ilmu, pengetahuan atau ketrampilan kita. Misalnya untuk membeli buku, CD, mengikuti pelatihan dan lainnya yang berupa upgrading diri kita.

4. Alokasi maksimal 55% untuk spending kebutuhan hidup kita. DIsini termasuk biaya rumah tangga, sekolah anak dan kebutuhan lainnya baik di pekerjaan. Pokoknya semua yang menjadi kebutuhan hidup kita. Ingat, nilainya maksimal 55% dari income.

5. 10% untuk kita alokasikan membeli kesenangan. Bisa untuk hobi, atau makan di restoran yang kita impikan, dan kesenangan lain. Pay yourself. Agar lebih terasa menyenangkan lagi, gunakan account ini 2-3 bulan sekali sehingga nilainya lebih tinggi.

6. Alokasikan minimal 5% dari income kita untuk charity atau sedekah. Bantulah sesama dan berikan kepada mereka yang membutuhkan. Prosentase nya bisa disesuaikan dengan NED account. Misalnya jika spending untuk NED account bisa kurang dari 55% charity bisa kita naikkan jumlahnya.

7. Di luar hal itu semua, untuk kebutuhan emergency, kita bisa gunakan sementara account FREE (financial freedom account) untuk kebutuhan ini. Nanti jika sudah selesai masalahnya kita isikan lagi. Emergency ini bisa berupa musibah dan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

Memang sepertinya sederhana, namun kenyataannya menerapkan metode ini cukup sulit. Perlu kedisiplinan dan tekad yang kuat. Jika ingin benar-benar jadi milyuner, berarti harus mampu menerapkan cara ini dalam mengelola keuangan kita.

Salam hidup sejahtera.[]