Latihan Mendongeng

Akhir pekan telah tiba..
Dan sebagian besar kita memanfaatkan akhir pekan sebagai waktu untuk keluarga, meski tidak sedikit juga yang justru aktivitasnya lebih banyak di akhir pekan. Terutama Anda yang menjadi aktivis sosial pasti banyak agendanya. Ada juga yang menekuni bisnis atau mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri.

Saya sendiri memanfaatkan waktu akhir pekan (jika tidak ada agenda training, seminar atau lainnya) untuk menemani anak-anak. Seringkali saya gunakan untuk bermain, berenang bersama atau berkumpul bersama sambil mendengar saya mendongeng.

Mendongeng adalah salah satu ketrampilan yang sekarang sedang saya latih. Istilah kerennya story telling. Dengan cara ini saya mulai melatih ekspresi, intonasi, mengatur jeda, alur cerita dan juga menyiapkan insight yang nanti akan dijadikan pesan penutup.

Hal ini membuat saya harus banyak punya referensi cerita. Menjelang akhir pekan harus browsing atau membaca-baca dan mencari cerita yang akan saya dongengkan pada anak-anak.

Apa manfaatnya mendongeng bagi saya dan anak-anak? Yang saya dapatkan dari berbagai literatur bahwa mendongeng adalah cara efektif menanamkan nilai-nilai pada diri anak. Muhamad Al Fatih sang pahlawan muda penakluk konstantinopel dikisahkan dalam buku tulisan Felix Siaw bahwa beliau terinspirasi dari kisah-kisah kepahlawanan yang selalu dibacakan gurunya.

Kita juga tahu bahwa anak-anak sangat senang mendengarkan cerita. Apalagi jika cerita itu disampaikan dengan atraktif, ekpresif dan menarik. Tentunya akan lebih berkesan.

Bagi saya sendiri, ini adalah pengalaman menarik sekaligus sarana melatih kepiawaian bercerita. Kelak saya ingin menginspirasi banyak orang melalui cerita-cerita yang saya sisipkan dalam sesi training yang saya lakukan.

Ingin ikut mendongeng? Ayo mulai sekarang!


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
Lebih baru Lebih lama