Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Minggu, 20 Oktober 2013

The Power of Gotong Royong

Seperti biasa hari minggu adalah hari sosial..:)
Hari ini saya ikut bersama-sama warga kampung, membantu tetangga yang akan punya hajatan. Di depan rumahnya ada tumpukan kayu yang menggunung. Tinggi tumpukan sampai hampir 3 meter. Karena halaman itu mau digunakan sebagai tempat hajatan maka harus dibersihkan.

Sekumpulan lelaki yang jumlahnya sekitar 20 orang mengangkat balok-balok kayu kecil berbagai ukuran. Masing-masing hanya mengangkat 1-2 balok kecil, berurutan. Mereka pun melakukan dengan santai, sambil ngobrol, bercanda-canda dan cerita ringan.

Ajaib, hanya dalam hitungan menit tumpukan kayu itu berkurang drastis. Tidak sampai 1 jam semua kayu sudah bisa dipindahkan. Halaman itu pun bersih, siap dipasangkan tenda dan kursi-kursi hajatan.

Begitulah gotong royong masih menjadi karakter warga kampung kami. Setiap ada salah satu warga yang punya hajat, yang lain segera membantu. Pekerjaan yang terlihat berat pun selesai dengan cepat.

Ternyata ada banyak pelajaran yang saya dapatkan dari gotong royong ini:
1) Kerjasama meringankan pekerjaan. Berapa banyak pekerjaan berat yang bisa diselesaikan dengan gotong royong.

2) Sarana silaturahmi. Networking. Setiap ikut gotong royong, ada saja kenalan dengan orang baru. Ada yang merupakan saudara dari tuan rumah, warga baru (biasanya pengantin baru, warga pindahan, dll) dan perkenalan warga yang punya anggota baru. Atau bisa jadi warga setempat yang sudah lama tidak bertemu. Di acara gotong royong seperti ini saya bisa lebih banyak mengenal orang dan berinteraksi dengan sesama warga

3) Pembuka pintu rejeki.
Ternyata dari perbincangan sesama warga, tidak jarang terjadi interaksi bisnis. Warga yang punya usaha mebel, dalam perbincangan terjadi deal pesanan meja dan lemari. Warga lain yang punya usaha las besi, dapat pesanan pengelasan pagar. Bahkan tidak jarang jual beli tanah atau rumah mencapai kesepakatan di sela-sela bincang ringan sesama warga.

Begitulah indahnya gotong royong.

Selamat beraktivitas sosial. Sunday is social day..:)
@JumadiSubur


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT