Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 24 Juni 2014

Ilmu Komunikasi dan Geografi

Tiba-tiba saya mendapat sebuah pesan BBM dari sebuah siaran radio di kota Semarang berisi pertanyaan: ilmu apa yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup. Saya suka mendengarkan radio ini karena siarannya banyak memberikan pencerahan dan pengetahuan baru. Terutama pencerahan dalam peningkatan wawasan pengetahuan dan ketrampilan hidup.

Setelah hal mendasar terkait dengan kebutuhan pokok yakni spiritual dan ideologi kita, yakni ilmu agama, maka ilmu dan ketrampilan terpenting menurut saya adalah ketrampilan komunikasi. Setelah itu adalah wawasan geografi. Inilah tiga ilmu yang sangat mempengaruhi kualitas hidup kita.

Ilmu agama menjadi bekal bagi kita untuk memaknai kehidupan dengan lebih jelas, mengapa kita hidup dan untuk apa kita hidup di dunia. Ini terkait dengan konsep diri. Dengan pemahaman ideologi yang benar kita akan memiliki arah kehidupan yang jelas. Khususnya Anda yang muslim hal ini akan membimbing diri Anda untuk memiliki tujuan hidup yang jelas, kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Pemahaman yang baik pada ilmu agama akan menuntun Anda mencapai tujuan itu.

Ketrampilan dalam komunikasi menjadi skill penting untuk menjalin hubungan sosial Anda sebagai warga masyarakat. Ketrampilan ini pula yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan hidup. Membangun komunikasi dengan orang lain, berbicara di depan orang banyak, speak up, menyampaikan gagasan, dan apapun bentuknya adalah lifeskill utama yang disebut ketrampilan berkomunikasi. Siapapun orang sukses di dunia ini adalah para komunikator yang baik. Apapun medianya.

Dan wawasan geografi menjadi pengetahuan penting karena ini terkait dengan ruang dimana kita menanamkan eksistensi. Lihatlah bedanya orang yang berwawasan geografi dan yang tidak, jauh bedanya kan? Orang yang memiliki wawasan geografi juga akan memiliki pengetahuan-pengetahuan pendukung lainnya. Orang seperti ini akan menjadi lebih percaya diri. Dan ini juga merupakan salah satu ciri orang yang sukses.

Jadi setelah pemahaman spiritual, maka ketrampilan komunikasi dan wawasan geografi adalah hal penting yang harus kita ajarkan pada anak-anak kita. Salah satunya adalah mengajarkan ketrampilan public speaking sejak dini.

Sudahkah Anda melakukannya?

Salam Persahabatan!

Jangan biarkan karir dan hidup Anda mengalir begitu saja. Hidup harus bertumbuh. Baca selalu www.tentangkarir.com
Ingin diskusi dengan saya? Follow @jumadisubur