Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 16 September 2014

Bersemangat Menghadiri Rapat

Meeting atau rapat menjadi bagian yang tak dapat dihindari dalam dunia kerja, apalagi yang bekerja di kantor (official). Terlebih lagi untuk bagian-bagian yang kaitannya dengan perencanaan, strategi, penjualan, penerbitan kebijakan atau pekerjaan-pekerjaan lain yang membutuhkan koordinasi lintas bagian atau departemen.

Namun sering kita dapati rapat yang justru membosankan. Aktivitas rapat sebagian besar hanya berisi pembicaraan yang berputar-putar, diskusi tak berujung atau malah debat kusir yang tak berkesimpulan.

Apalagi jika rapat itu adalah pertemuan rutin mingguan, bulanan atau rapat evaluasi yang sifatnya berkala lainnya. Rapat menjadi semakin membosankan.
Sebenarnya rapat bisa menjadi lebih efektif dan menumbuhkan semangat bekerja jika rapat itu benar-benar efektif dan menggairahkan.

Berikut adalah 3 tips agar rapat bisa menjadi lebih semangat dan menumbuhkan semangat:
1) Tentukan tujuan rapat ini untuk apa? Mengambil keputusan, sekedar diskusi atau brainstroming saja atau rapat evaluasi pekerjaan atau yang lainnya. Rapat yang bertujuan memutuskan sesuatu pada akhirnya harus menghasilkan keputusan pasti dan sifatnya mengikat. Keputusan ini lah yang harus dilaksanakan bersama seluruh peserta rapat.

Dan oleh karena itu yang hadir dalam rapat ini harus benar-benar yang punya wewenang memutuskan.
Tentu saja berbeda jika rapat hanya untuk diskusi, brainstorming atau rapat evaluasi.

2) Buatlah 'ground rules' of meeting. Aturan-aturan rapat. Misalnya rapat harus on time, mulai dan selesai sesuai waktu yang dijadwalkan. Peserta harus ontime. Berapa lama seorang boleh berbicara menyampaikan pendapat, agar pembicaraan tidak didominasi orang tertentu. Apa konsekuensi bagi yang terlambat, bagaimana aturan menyampaikan pendapat, dsb.

3) Buatlah sesuatu yang berbeda dalam setiap rapat, agar suasana lebih menggairahkan. Jadikan rapat selalu bervariasi situasinya. Misal: susunan bangku-meja, posisi tempat duduk, atau formasi ruang rapat. Memakai dress code tertentu juga merupakan ide menarik agar rapat jadi lebih hidup. Berpindah lokasi rapat juga merupakan bentuk variasi.

Buatlah suasana baru di setiap rapat, agar meeting menjadi lebih menggairahkan. Peserta lebih bersemangat menghadiri rapat.

Selamat mencoba.


Salam persahabatan!
@jumadisubur