Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Senin, 08 Desember 2014

Growing and Learning

Ternyata ada 1 kata yang sangat fenomenal sebagai indikator sebuah keberhasilan. Baik keberhasilan individu maupun keberhasilan organisasi. Kata itu adalah 'Growth'.

Semua indikator keberhasilan selalu dilihat dengan seberapa banyak pertumbuhan yang berhasil diraih. Sebuah perusahaan dikatakan berhasil jika bisnisnya bertumbuh, revenue nya tumbuh dan profitnya juga tumbuh. Demikian juga dengan kesuksesan personal, seorang dikatakan berhasil jika hidupnya bertumbuh. Personal growth bisa berupa bertambahnya ilmu, kesehatan yang membaik, relasi yang bertambah banyak atau penghasilan yang meningkat, dan pertumbuhan lainnya.

Ternyata kata 'grow' atau 'growing' sangat erat kaitannya dengan 'learn'. Yaitu belajar. Sebuah perusahaan yang bertumbuh baik biasanya diisi oleh orang-orang yang pembelajar. Sehingga ada istilah learning organization. Organisasi pembelajar. Dimana orang-orang didalamnya senantiasa secara aktif melakukan 'improvement' secara terus menerus. Mereka selalu melakukan self upgrade baik yang difasilitasi perusahaan maupun dengan upaya sendiri.

Demikian juga dalam ranah individu. Orang yang sukses selalu kita temukan ciri yang sama: mereka adalah para pembelajar. Melakukan segala sesuatu untuk menambah pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman.

Dan ternyata, semua hal seberat dan sesulit apapun jika disertai dengan semangat 'I'm learning', 'saya belajar' maka semua terasa ringan dan menyenangkan. Jika kita bertemu sebuah masalah yanng berat, lalu kita sertakan semangat belajar dalam menjalaninya, masalah menjadi lebih ringan. Sebuah pekerjaan baru yang berat akan menjadi sesuatu yang menantang jika kita sertakan dengan semangat "I'm learning".

Sebaliknya, jika seseorang merasa sudah puas dengan dirinya dan berhenti 'learning' maka secara cepat ataupun perlahan, ia akan berhenti 'growing'. Dan naasnya, jika sesuatu tidak lagi 'growing', maka bisa jadi ia sedang menuju proses 'dying'.

Jadi growing dan learning adalah dua kata yang sangat erat. Keduanya menjadi indikator utama kesuksesan. Dalam hal apapun, baik karir, bisnis, hubungan sosial, keluarga dan dalam bidang apapun Anda ingin berhasil, jaga 2 hal ini: keep learning, keep growing.

Jika anda selalu berusaha untuk 'learning' maka hidup Anda akan 'growing'. Sebaliknya jika Anda berhenti 'learning' Anda akan berhenti 'growing'. Dan jika Anda berhenti 'growing' bisa jadi sejak saat itu Anda menuju 'dying'.


Salam Lebih Baik,
Saya @JumadiSubur.

www.tentangkarir.com