Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 24 April 2015

Menikmati Indahnya Alam

Beberapa kali dalam satu semester saya selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata alam. Selain menentramkan hati dengan mengingat kebesaran ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, menikmati mpemandangan adalah salah satu cara saya untuk menetralisir masalah yang saya hadapi sekaligus menumbuhkan semangat yang kadang meredup.

Insan mulia, apakah Anda pernah pergi ke tempat-tempat yang pemandangannya indah? Bagaimana perasaan Anda? Tentu akan merasa tenteram, kan? Keindahan memang bisa membuat perasaan menjadi tenteram dan tenang. Pemandangan yang indah juga bisa membuat Anda mengagumu ciptaan Tuhan. Membuat Anda semakin dekat dengan Yang Maha Pencipta. Semua itu akan menumbuhkan semangat baru dalam diri Anda.


Demikianlah, salah satu cara untuk menyenangkan hati dan melapangkan jiwa adalah memandang bukti-bukti kekuasaan Ilahi yang terkandung dalam keindahan langit dan bumu. Anda pun akan merasa senang dengan berbagai pemandangan indah yang bertaburan memnuhi hasil ciptaan Yang Maha Indah, pada bunga-bunga, pohon-pohon, sungai-sungai, hutan belukar, lereng-lereng, bukit-bukit, bumi dan langit, siang dan malam, matahari dan rembulan. Semuanya itu akan membuat hati Anda senang dan terhibur. Keimanan, kepasarahan, dan kepatuhan Anda kepada pencipta Yang Mahabesar yang telah mengadakan semuanya itupun akan semakin bertambah.

Maka ambillah pelajaran (dari kejadian itu) wahai orang-orang yang mempunyai pandangan.” (QS. 59:14)

Salah seorang filosof mengatakan apabila timbul keraguan dalam hatiku tentang kekuasaan ilahi maka aku menujukan pandanganku ke arah semesta alam untuk melihat berbagai mukjizat dan keindahan penciptaan yang ada padanya agar imanku bertambah.

Namun, ada juga orang yang sering pergi ke tempat-tempat yang indah, tetapi jiwanya tidak kembali bersemangat. Hal ini mungkin karena ia tidak sempat menikmati apa yang dilihatnya. Oleh karena itu, jika Anda melihat pemandangan alam yang indah, sempatkan waktu untuk menikmatinya. Biarkan seluruh panca indera, perasaan, dan pikiran Anda menikmati dna merenungkan keindahan alam yang Anda lihat. Jangan cepat-cepat berlalu dari tempat-tempat itu. Kagumi dan nikmati pemandangan alam tersebut sepuas-puasnya sampai perasaan Anda merasa tenteram dan pikiran Anda menjadi tenang. Jika Anda dapat menikmatinya, pemandangan alam yang indah dapat memabngkitkan semangat hidup Anda.

Sebenarnya, untuk melihat tempat-tempat yang indah tidak perlu pergi ke tempat-tempat wisata yang jauh dan mahal biayanya. Anda bisa menjumpai pemandangan alam yang indah di banyak tempat. Bahkan mungkin di sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya, sungai di skeitar rumah Anda, pepohonan di belakang rumah Anda, rumput yang hijau di halaman rumah Anda atau bintang-bintang yang Anda lihat di malam hari. Semuanya itu termasuk pemandangan indah yang dapat membangkitkan semangat jika kita mau merenungkannya.

Jika hati Anda sedang gundah, semangat sedang melemah, maka booleh jadi menikmati pemandangan alam adalah salah satu kiat untuk menumbuhkan semangat hidup Anda.[]