Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 13 Mei 2015

The Powerful 3M

Biasanya jika mendengar rumus 3M kita langsung mengaitkan dengan rumus perubahan: mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai dari sekarang. Memang itu rumus yang cukup mujarab.

Namun kali ini saya ingin menyampaikan rumus 3M versi lain. Rumus ini menjadi standar untuk mencapai sukses. Dalam hal apapun kesuksesan yang Anda inginkan, baik dalam karir maupun bisnis. Bahkan dalam kerja amal atau kerja sosial sekalipun, Anda membutuhkan rumus ini untuk berhasil.

1. Meluruskan Niat.

"Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya." demikian bunyi sebuah Hadits Nabi Muhammad Saw.
Perkara meluruskan niat ini diaplikasikan dalam wujud visi, misi dan komitmen. Dalam bisnis, sebagai pengusaha, dalam karir, maupun dalam aktivitas apapun, Anda akan memiliki daya juang yang hebat jika telah menetapkan tiga hal tersebut di awal. Anda akan memiliki gairah untuk mewujudkannya.

2. Menyempurnakan Ikhtiar

Ikhtiar atau usaha adalah implementasi dari niat (visi, misi dan komitmen). Ikhtiar akan memunculkan strategi untuk memenangkan persaingan ataupuan menghadapi semua tantangan. Disini Anda akan mengoptimalkan semua sumberdaya: waktu, tenaga, pikiran, modal dan keahlian.

3. Menggantungkan hasil kepada Allah.

Ketika ikhtiar sudah disempurnakan, maka ada satu hal yang harus Anda jaga, hubungan terbaik dengan yang Mahakuasa. Disini berarti bahwa Anda benar-benar memperhatikan aturan-aturan Tuhan dalam menjalani bisnis maupun berkarir, sekaligus memiliki kesadaran fundamental bahwa ketergantungan tunggal hanya kepada Tuhan.

Berarti pula bahwa jika mengalami kerugian atau kegagalan, tidak akan menjadi kekecewaan yang berlebihan. Justru akan menambah kesabaran dan mengambil hikmah terbaik atas semua kejadian. Rugi dalam bisnis, karir yang mengalami sedikit hambatan, kalah tender, terlambat promosi jabatan, bisa jadi itu adalah bagian dari ujian Allah untuk kemudian kemampuan Anda akan ditingkatkan. Bahkan bisa jadi menjadi titik balik untuk kesuksesan Anda.

Yang Anda butuhkan adalah ketundukan total dan ketergantungan mutlak pada Tuhan dan kemampuan menarik hikmah dari semua kejadian.[]

Salam persahabatan.
@jumadisubur