Empirical Creativity

Masih tentang Coca Cola. Generasi keduanya, Roberto Guizueta mewarisi kenyataan : Coca Cola sudah *menguasai 45%*  pasar minuman dunia. Dari Patagoina hingga Portugal, Kathmandu hingga Kolumbia. Dan itu berarti tak ada sudut tempat di bumi yang belum mereka rambah. Wow!

Suatu saat ketika jajaran manajemen dan tim kreatif mereka rapat untuk membuat perluasan pasar, mereka terdiam dan hanya saling berpandangan cukup lama. No more ideas.
Beberapa saat kemudian Goizueta menatap mereka lalu bertanya tentang berapa banyak cairan yang dikonsumsi manusia setiap harinya?

Timnya tercengang. Dan saat itu juga dilakukan riset, mencari informasi seakurat mungkin. Dan didapatkan data : setiap orang mengkonsumsi 64 ons setiap hari. Dan Anda tentu tahu pertanyaan Goizzueta selanjutnya, berapa persen yang mereka minum itu terbuat dari Coca Cola? Tim itu melakukan kalkulasi dengan cepat dan didapatkan angka 2%. "Lihatlah saudara-saudara, masih ada kemungkinan 98% untuk mengembangkan pasar di luar sana. Pergi dan taklukkanlah!"

Inilah titik baliknya. Orang-orang Coca Cola terhentak oleh pertanyaan bos mereka. Sejak saat itu mereka terus kreatif mencari jalan untuk memasarkan produknya dan terus menguasai pasar hingga lebih dari 80 tahun.
Bagaimana dengan Anda?
Lebih baru Lebih lama