Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 17 November 2017

Kerja tanpa Stress

Pekerjaan rutin dan masalah yang selalu berganti kadang mendatangkan stres pada diri seorang karyawan.

Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Hal-hal ini meliputi kelelahan, kehilangan atau meningkatnya napsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan. 

Melepaskan diri dari alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif lainnya sering merupakan indikasi-indikasi dari gelaja stres. Perasaan was-was, frustrasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan stres.


Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada memeberi tuntutan yang berlebihan. Apa yang dapat anda lakukan untuk mengatur stres anda?

Setelah mengenal tanda-tanda stres pada diri Anda, perhatikan lingkunga sekitar anda. Lihatlah mungkin ada sesuatu yang benar-benar dapat anda ubah atau kendalikan dalam situasi tersebut.

Lalu jauhkan diri anda dari situasi-situasi yang menekan. Beri diri anda kesempatan untuk beristirahat biarpun hanya untuk beberapa saat setiap hari.

Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Cobalah untuk memprioritaskan beberpa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lainnya mengikuti.

Secara selektif ubahlah cara anda bereaksi. Fokuskan pada satu masalah dan kendalikan reaksi anda.

Hindari reaksi yang berlebihan. Mengapa harus membenci jika sedikit tidak suka sudah cukup? Mengapa harus merasa bingung jika cukup dengan hanya merasa gugup? Mengapa harus mengamuk jika marah saja sudah cukup? Mengapa harus depresi ketika cukup dengan merasa sedih?

Tidur secukupnya. Karena kurang istirahat hanya akan memperburuk stress.

Hindari alkohol dan obat-obatan karena itu tidak akan membantu memecahkan masalah.

Belajarlah cara terbaik untuk merelaksasikan diri anda. Meditasi dan latihan pernafasan telah terbukti efektif dalam mengendalikan stress. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran anda dari pikiran-pikiran yang menggangu. Melakukan sesuatu untuk orang lain dapat melepaskan pikiran dari masalah anda sendiri.

Stres dapat dihindari dengan kegiatan-kegiatan fisik, misalnya jogging, tenis ataupun berkebun. Tingkatkan ketahanan diri anda

Tanamkan pada diri anda bahwa anda dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik daripada hanya memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi. []