Jumat, 28 September 2018

Sapi Ungu

Seorang penulis bernama Seth Godin, pernah bercerita dalam bukunya Purple Cow, bahwa suatu hari ia bersama keluarganya melakukan perjalanan menyurusuri pinggiran Perancis. Sepanjang jalan mereka melihat ratusan sapi berwarna putih sedang merumput. Jumlahnya sangat banyak hingga sampai beberapa kilometer masih terlihat.


Awalnya mereka kagum dengan pemandangan itu. Namun lama-kelamaan rasa takjub mulai hilang dan pemandangan itu menjadi biasa.

Hingga mereka berpikir, mengapa semua sapi berwarna putih? Andai saja ada salah satu sapi yang berwarna ungu, tentu akan menjadi perhatian kami, begitu ungkapnya.

Jika Anda memiliki bisnis yang produknya sama dengan kompetitor, yakinkah Anda bahwa pembeli akan memilih produk Anda? Atau sebaliknya?

Apa yang menjadi faktor pembeda antara produk Anda dan produk kompetitor, sehingga konsumen akan lebih memperhatikan dan memilih produk Anda?

'Sapi Ungu' adalah konsep diferensiasi. Menjadi sesuatu yang berbeda diantara kesamaan-kesamaan yang ada. Meliki keunggulan spesifik yang akan menjadi nilai tambah (value added) dari produk Anda?

Jika ingin menonjol dalam karir, Anda harus menjadi berbeda dari yang lain. So, be different, ok?

Salam sukses.