Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 07 Januari 2020

Karyawan Bermental Petarung

Setiap manusia, dari sananya memang sudah dilengkapi dengan gen pemenang. Gen itu sudah ada di dalam tubuhnya. Tidak semua orang mengetahui hal ini. Setiap dari Anda memiliki gen pejuang gigih yang diwariskan oleh sang ayah dan gen ketahanan mental yang diwariskan oleh sang ibu.

Gen itulah yang kemudian terbawa hingga Anda terlahir ke dunia ini. Gen pemenang itu berubah menjadi manusia, Anda! Tanpa disadari, gen pemenang yang membuat Anda itu, menurunkan “sifat-sifat” pejuangnya kepada Anda yang sudah terlahir.

Kemudian gen itu terus bertumbuh. Saat bayi, kanak-kanak, remaja hingga hari ini. Dimulai dari saat Anda tak pernah bosan dan jera untuk terus belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari. Sering terjatuh tidak pernah membuat Anda kapok, bahkan Anda semakin senang dengan tantangan baru: membentur benda yang ada di sekeliling Anda.

Gen itu bahkan membuat Anda tidak menghiraukan kesakitan kecil demi mendapatkan keinginan Anda, untuk menjelajahi dunia yang tidak tertebak ini. Nah, Anda mewarisi sifat gen itu, percaya atau tidak. Sekarang bagaimana cara “mengaktifkan” gen pemenang dan petarung ini agar membawa perubahan positif dalam kehidupan Anda saat ini?

1) CONFIDENT

Percayalah bahwa Anda mampu menaklukan setiap tantangan yang Anda hadapi. Setiap tantangan merupakan ujian penting untuk meningkatkan kemampuan diri Anda. Jangan menjauhi tantangan.

Selalu fokus dalam menghadapi setiap tantangan pekerjaan, sebagaimana seorang pemanah ulung yang siap melepaskan anak panah dari busurnya dan membidik target dengan tajam. Rasa Percaya diri yang kuat akan semakin menumbuhkan jiwa petarung dalam diri Anda.

Pekerjaan yang saat ini dipercayakan kepada Anda, adalah amanh yang diberikan Allah melalui perusahaan tempat Anda bekerja. Tim HR yang merekrut Anda telah melakukan berbagai analisis sehingga Anda diyakini adalah orang yang tepat dengan pekerjaan ini. Jadi berikutnya kuncinya ada pada diri Anda.


2) COMPETENCE

Untuk berhasil dalam bekerja, Anda membutuhkan serangkaian ketrampilan (skill), pengetahuan (knowledge) dan mentalitas (attitude) yang lebih dari rata-rata orang.

Teruslah belajar dan belajar. Bacalah minimal satu buku yang menginspirasi Anda secara positif setiap bulan, maka Anda akan menemukan perbedaan dalam diri Anda.


3) CONTRIBUTION

Tunjukkan dengan prestasi. Kinerja hanya akan terlihat dari hasil. Jadi yakinkan bahwa Anda memberikan kontribusi positif untuk perusahaan. Jangan sampai makan gaji buta (gabut). Kompensasi yang Anda terima harus ditunjukkan dengan prestasi kerja terbaik. Kontribusi optimal.

Senantiasa lakukan setiap pekerjaan dengan senang hati, karena kesuksesan dalam setiap pekerjaan selalu ditopang rasa suka cita dalam melakukannya. Jangan lupa bahagia dalam menjalani pekerjaan. Karena kebahagiaan hati sejalan dengan kontribusi.

Jadilah “petarung” sejati tanpa mengharapkan pujian apapun. Orang lain akan melihat dan menilai dari apa yang Anda lakukan, bukan katakan. Penghargaan akan datang dengan sendirinya setelah itu. Ubahlah diri Anda menjadi lebih baik secara berkala. Kenali kelebihan dan kekurangan Anda karena pada dasarnya, musuh terbesar Anda adalah Anda sendiri

Fight and Conquer!
#2020