Berjuang Bersama, Sukses Bersama

 

You can't save the world alone


Satu persatu pasukan superhero itu tumbang. Ya. Mereka seperti bukan manusia super lagi.  Di film Infinity War, para superhero mengalami kekalahan setelah bertarung sekuat tenaga melawan Thanos. Pada akhirnya, setengah populasi di alam semesta hilang dalam satu jentikan jari.

Ternyata superhero juga kalah. Diantara penyebab kekalahan mereka adalah adanya perpecahan. Mereka membentuk kubu-kubu. Kubu Iron Man dan kubu Captain America.

Untungnya kemudian mereka bangkit. Mereka bersatu lagi. Dan dengan persatuan itu Tim Avenger berhasil mengalahkan musuhnya.

Begitulah gambaran sebuah perjuangan untuk sukses. Kita tidak bisa sukses sendirian. Sehebat-hebatnya manusia pasti memiliki kekurangan. Punya titik lemah. Sehebat apapun kita tidak akan kuat jika berjuang sendirian. Kita butuh teman. Kita butuh pendukung kesuksesan.

Kumandang Iqomat : “Hayya ‘alas sholah, hayya ‘alal falah..” adalah sebuah isyarat untuk bekerja dalam tim. Berjuang dalam jama’ah. Bahwa sesungguhnya kemenangan itu akan diraih dengan kebersamaan.

Inilah pentingnya kolaborasi.

Dalam meraih sukses pribadi, tetap saja kita tidak bisa sendiri. Kita butuh guru yang akan menuntut dan mengajari untuk meraih sukses, butuh keluarga yang mendukung penuh perjuangan kita dan butuh teman yang bisa menjadi penyemangat dan teman diskusi saat ada masalah yang membuat bimbang hati.

Apalagi dalam bisnis. Kerjasama itu sudah niscaya adanya. Teamwork adalah kompetensi utama yang harus dimiliki oleh semua anggota organisasi. Kini bukan zamannya one man show lagi. Kini zamannya kolaborasi.

Pun dalam dakwah. Perjuangan akan lebih berhasil guna jika dikerjakan dalam barisan yang kokoh dan rapi. Kerjasama yang tersistem dan efektif.

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash Shaff:4)

Jika superhero saja berjuang dengan berkolaborasi, pahlawan Marvel membentuk Avenger, para jagoan DC dengan Justice Leage bahkan Incredible berjuang bersama-sama sekeluarga, maka kita jangan sampai kalah, kita juga harus berkolaborasi.

Sekali lagi, kita tidak bisa sukses sendiri. Kita harus kerjasama. Kita bangun tidak cukup punya superman, kita butuh superteam.

[]

Lebih baru Lebih lama