Belajar dari Bruce dan Laba-laba

Semangat pagi di kamis yang dinamis!

Dalam sebuah kisah diceritakan Robert de Bruce dari Scotlandia memimpin perang melawan Raja Edward I dari Inggris pada tahun 1306. Sudah beberapa kali ia dan pasukannya mencoba melawan namun berulang kali kalah dalam peperangan. Setiap kalah, ia himpun pasukan lagi dan mencoba menyerang lagi. Begitu berulang hingga 6 kali ia dan pasukannya tidak berhasil memangkan peperangan.


Dalam situasi itu, ia hampir menyerah. Ketika sedang istirahat di tempat pertahanannya, Bruce melihat seekor laba-laba yang sedang membuat sarang. Ternyata laba-laba tidak mudah membuat sarangnya. Ia harus jatuh bangun, berulang kali gagal hingga berhasil menyusun sarangnya. Bruce memperhatikan seekor laba-laba perlu puluhan kali mencoba untuk berhasil membuat sarang.

Mendapat inspirasi itu, ia bangkit kembali. Bruce mengumpulkan pasukannya, menyusun strategi, melatih tentaranya dan bersiap melakukan penyerangan kembali. Pada tahun 1319 Bruce dan pasukannya berhasil mengalahkan Edward I.

Sudah berapa kali Anda mengalami kegagalan dan berbuat kesalahan dalam hidup ini? Kegagalan bisnis, kesalahan dalam membuat keputusan? Satu kali? Dua kali? Sepuluh kali? Seratus kali?

Benyamin Franklin mengatakan, 'I didn't fail the test, I just found 100 ways to do it wrong.'

Sudah berapa kali Anda gagal menjual? Bangkrut? Kehilangan modal dan bisnis?

Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, namun yang selalu bangkit dan melakukan usaha untuk terus berjalan dan melangkah. Belajar dari Bruce dan laba-laba.

Ayo, bangkit. Kita pasti bisa!

= tulisan ini diposting di milis PengusahaPKS@googlegroups.com
Lebih baru Lebih lama