Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Senin, 29 April 2013

Mindset adalah...

“Once your mindset changes, everything on the outside will change along with it.” ― Steve Maraboli


Dalam suatu cerita dikisahkan sebuah keluarga yang ditunggalkan oleh kepala keluarganya. Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir dia memberi pesan kepada ke 2 anaknya:
“Anakku.. 2 pesan penting yg ingin ayah sampaikan kepadamu agar kalian berhasil dalam hidup. Pertama, jangan pernah menagih piutang kepada siapapun. Kedua, upayakan agar jangan pernah tubuhmu terkena terik sinar matahari secara langsung.
Selesai memberikan pesan ayah mereka pun pergi untuk selama-lamanya .

5 tahun berlalu, sang ibu menengok anak bungsunya dengan kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan.  Sang ibu bertanya:
“Wahai anakku, kenapa kondisi bisnismu demikian?”
Bungsu menjawab:
“Aku mengikuti pesan ayah Bu, kami dilarang menagih piutang ke siapapun, sehingga banyak piutang yg tidak dibayar dan lama-lama habislah modalku”.
Pesan yg kedua,
“Ayah melarang kami terkena sinar matahari secara langsung, dan aku hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu sewa mobil atau naik taxi”.
Kemudian ibu pergi ke tempat si sulung.
Kali ini keadaan berbeda jauh, si sulung sukses menjalankan bisnisnya.
Sang ibu bertanya:
“Wahai anakku, kenapa hidupmu sedemikian beruntung?”
Sulung pun menjawab:
“Ini karena aku mengikuti pesan ayah, Bu”
“Pesan yg pertama kami dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu, aku tidak pernah memberikan utang kepada siapapun, sehingga modalku tetap utuh”
“Pesan kedua kami dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor aku selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu tokoku buka lebih pagi serta tutup lebih malam dari toko yg lain.  Alhasil tokoku lebih ramai”.
Demikianlah, MINDSET yang berbeda mengakibatkan hasil yang berbeda pula.
Pola pikir.  Begitulah yang banyak diterjemahkan dai kata mindset.  Sementara penulis The Science of Success bernama James Arthur Ray menerangkan mindset sebagai jumlah total dari keyakinan, nilai-nilai, identitas, ekspektasi, sikap, kebiasaan, opini, dan pola pikir, tentang diri Anda, orang lain, dan bagaimana hidup berlangsung. Melalui mindset, Anda menafsirkan (memaknai) apa pun yang Anda lihat dan Anda alami dalam hidup.
Lalu American Heritage Dictionary menawarkan pengertian mindset sebagai : a fixed mental attitude or disposition that predetermines a person’s responses to and interpretation of situation (suatu sikap mental atau watak yang menentukan respons seseorang dan pemaknaan atas situasi yang dihadapinya).
Dalam sebuah buku The Secret of MINDSET karya Adi W. Gunawan menjelaskan bahwasannya MINDSET itu terdiri atas dua kata: Mind dan Set.
Arti dari masing-masing kata tersebut sebagai berikut :

Mind : Sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memori.

Set : Mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan

Mindset : "kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berfikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang".
Sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa mindset adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya. []