Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 25 Juni 2013

Menghadapi Tantangan Hidup

Beberapa waktu yang lalu ketika ada tugas ke Bali, saya menemui salah satu sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Ia teman sekelas waktu sekolah STM dulu. Sebagaimana ayaknya sahabat yang lama berpisah, begita tiba di Bandara Ngurah Rai langsung saya hubungi telepon-nya, menyapa bertanya kabar dan janjian bertemu.

Malam harinya sahabat saya ini, namanya Dedi, berkunjung ke tempat saya menginap di kawasan bypass Ngurah Rai. Kami bercerita banyak hal, mulai dari pekerjaannya, kondisi keluarga dan kesehatannya.

Dedi salah satu teman yang masa sekolah dulu cukup pintar. Untuk tugas-tugas praktikum, ia jagonya, Banyak ucapan dan cara mengerjakan tugas yang berbeda dengan cara kami berpikir saat itu. Boleh dibilang ia sering berpikir out of the box. Benar-benar di luar dari pikiran biasa teman-teman kami sekelas lainnya.

Namun mendengar kisahnya saya jadi terharu. Banyak hal yang dia ceritakan yang membuat saya harus menitikkan airmata.

Baru saya sadari, bahwa bukan hanya saya yang punya masalah, banyak orang lain yang memiliki masalah lebih berat yang ia hadapi. Dan seharusnya saya lebih bersyukur dengan apa yang telah dikaruniakan oleh Tuhan.

Dalam perjalananan yang lain, saya sengaja tidak menginap di hotel seperti biasanya. Sambil silaturahim, saya minta ijin menginap di rumah salah seorang saudara di Jakarta.

Melihat kehidupan yang penuh kesederhaan, kamar tidur satu-satunya untuk tempat tidur tuan istri bersama anaknya yang masih kecil. Saya ditemani tidur lesehan menggelar tikar di ruang tamu.
Sambil bercengkerama, saudara saya ini bercerita tentang pekerjaannya, kehidupannya dan cita-citanya.

Banyak hal yang ia alami dalam hidup ini. Penghasilan yang pas-pasan, kebutuhan yang semakin bertambah, tinggal di rumah sewa dan kebutuhan lainnya yang banyak.
Namun ia selalu optimis.

Bahkan ia memberikan nasehat, bahwa kehidupan, apapun masalahnya, apapun kejadiannya adalah tantangan yang harus dihadapi. Ia berpesan kepada saya, 'Apapun masalah yang kamu hadapi, yakinlah bahwa di balik kesulitan, pasti ada banyak kemudahan yang disiapkan untuk kita".

Jadi teringat sebuah lagu:

Walau hujan badai kan terus melanda
Walau amuk gelombang tak henti menerjang
Walau terang mencegah, walau mentari kan membakar
Jangan letih menapaki kehidupan

Ujian bagaikan terik sinar sang surya
Hadir kedunia bersama berjuta karunia
Janganlah bertekuk lutut dalam pelukan putus asa
Janganlah bersimpuh dihadapan duka

Hadapilah segala tantangan
Sambutlah harimu dengan suka cita
Hadapilah segala ujian
Dalam kesulitan pasti ada kemudahan

Aku harus optimis. Terima kasih atas semua pelajaran yang berharga. Kata seorang teman kerjaku, "Itulah arti seorang teman, itulah seorang sahabat diperuntukkan..."