Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 30 Juli 2013

Sedikit Lebih Baik

Mencermati hasil-hasil pertandingan olahraga, even apapun, ternyata selisih antara sang juara dengan urutan berikutnya tidak terlalu banyak. Misalnya dalam balap mobil F1, Sabastian Vettel hanya unggul hitungan detik dari urutan berikutnya. Dalam balap lari, balap motor, kejuaraan renang dan hampir semua pertandingan olahraga berlaku demikian. Sang juara hanya sedikit ebih baik dari urutan berikutnya. Tidak banyak, hanya sedikit lebih baik.

Termasuk dalam pertandingan balap kuda. Kuda yang terdepan bisa jadi hanya unggul semoncong hidung saja, maka ia akan menjadi juara. Dan karena ia juara, ia bisa mendapatkan hadiah 10x lipat dari urutan berikutnya.

Begitulah, sang juara pertama selalu mendapatkan hadiah jauh lebih besar dari juara-juara berikutnya.

Yang jadi pertanyaan, apakah mereka yang juara itu benar-benar melakukan usaha 10x lebih baik dari yang lainnya? Apakah mereka berlari lebih cepat dari yang lainnya? Apakah kuda tersebut berlari 10x lebih cepat dari kuda yang lainnya?

Tidak.
Bahkan kecepatannya mungkin tidak jauh berbeda. Kualitas mereka bisa jadi tidak jauh berbeda. Mereka hanya 'sedikit lebih baik' dari pemain lainnya.

Dalam bekerja, bisa jadi ada orang yang mendapat hasil jauh lebih baik dari kita. Ada teman kita yang mencapai karir jauh lebih cepat dari diri kita, padahal boleh jadi mereka adalah teman seangkatan waktu kita mulai bekerja. Bisa jadi mereka adalah teman kuliah kita.

Apakah mereka jauh lebih baik daripada kita? Bisa jadi tidak seperti itu. Mereka yang berhasil dalam karir bisa jadi 'hanya' sedikit lebih baik daripada kita.

Untuk itu, mulailah untuk melakukan perubahan dalam diri kita. Lakukan sedikit lebih baik dari biasanya. Bisa jadi perubahan lebih baik yang sedikit itulah yang akan membawa kita menjadi juara.

Sedikit lebih baik, bisa jadi jika orang lain pulang jam 17.00 kita tambah 30 menit untuk menyiapkan aktivitas esok hari. Jika teman yang lain hanya bergantung pada training yang diberikan oleh perusahaan, jadilah sedikit lebih baik dengan mengikuti training-training di luar.

Bisa jadi apa yang kita lakukan bukanlah hal yang spektakuler, hanya sedikit lebih baik. Namun action yang lebih baik itu bisa akan mengakumulasi pada hasil yang jauh lebih baik.

So, jadilah sedikit lebih baik dan dapatkan hasil yang jauh lebih banyak. []