Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Senin, 30 September 2013

Career Mastery

Salah satu kebutuhan seseorang karyawan adalah penghargaan atas karya-karyanya. Semakin dihargai semakin terdorong untuk meningkatkan prestasinya. Hal yang umum tentunya, baik staf biasa maupun level manajemen, semua memiliki kebutuhan  untuk mencapai karir yang tinggi. Karir itu sendiri tentunya tidak datang dengan sendirinya. Dan dalam prakteknya karir karyawan ada yang relatif lancar dan ada yang lambat bahkan ada juga yang mandeg.

Keberhasilan karyawan meraih karir sangat ditentukan oleh unsur-unsur internal dan eksternal yang bersangkutan. Unsur internal antara lain adalah edukasi, sikap, pengalaman kerja, motivasi dan prestasi kerja. Sementara unsur eksternal antara lain adalah kondisi keuangan organisasi, performa keuntungan, dan peraturan tentang promosi. Selain itu peluang berpromosi yang tidak terbuka lebar karena sangat ditentukan oleh ketersediaan formasi.

Kali ini saya akan fokus pada unsur internal, khususnya dalam hal sikap dan motivasi kerja. Dalam sebuah sesi yang dibawakan Pak Pambudi, seorang expert di bidang HR ketika kami sedang workshop untuk membicarakan program kerja Group HR, beliau menyampaikan beberapa tips untuk mencapai sukses karir. Dan saya merangkumnya sebagai '5 Tips to Develop Your Career' yang meliputi:

1. Take Ownership of Your Career
Karir Anda adalah tanggungjawab Anda sendiri. Jangan pernah menitipkan karir kita kepada siapapun, apalagi menggantungkannya pada seseorang yang kita kenal. Sudah tidak jamannya lagi. Bagaimana karir kita ke depan, akan menjadi apa kita 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun atau 10 tahun ke depan, sangat tergantung dengan apa yang kita lakukan. Sebagai seorang karyawan seharusnya kita menyusun 'career map' kita sejak awal. Di berbagai perusahaan sekarang sudah diterapkan sistem 'Individual Development Plan' sebagai rencana karir pribadi. Dan perusahaan memberikan kesempatan yang luas untuk mencapainya melalui kesempatan pelatihan, pengembangan dan peluang karir yang sesuai.

Ingatlah bahwa Tuhan tidak mengubah masib kita kecuali kita sendiri yang mengubahnya. Termasuk juga dalam bekerja. Karir kita tidak akan berubah dengan signifikan kecuali kita rencanakan dan melakuakn upaya terbaik untuk mencapaianya.

2. Learn About Yourself
Memahami potensi diri. Menemukan kekuatan dan kelemahan kita agar kita bisa mengoptimalkan segala potensi yang kita miliki sekaligus melakukan peningkatan pada ruang-ruang kosong potensi yang bisa kita upgrade.

Saat ini banyak tools yang bisa kita manfaatkan untuk mengukur dan menemukan kekuatan maupun kekurangan kita. Perlu disadari bahwa segala kelebihan dan potensi yang kita miliki telah mengantarkan pada posisi kita saat ini. Bisa jadi, jika kita improve kekurangan, kita bisa melesat lebih tinggi lagi.

3. Define Your Brand
Ingin dikenal sebagai apa kita di lingkungan kerja? Apakah termasuk karyawan yang RWTBGT, karyawan RTRT atau karyawan bintang. Semua akan tergantung dengan 'brand' yang kita ciptakan sendiri. Semua cara kita bekerja, cara menjalin komunikasi dan berinterkasi dengan rekan kerja, hasil yang kita capai dan bagaimana hubungan kita dengan atasan maupun level manajemen, akan mengkonfirmasi 'brand' kita.

4. Create Opportunity Growth
Jangan menunggu kesempatan datang. Ciptakan peluang-peluang untuk memberikan yang terbaik dalam kondisi apapun. Setiap kesempatan adalah peluang bagi Anda untuk menunjukkan karyawa terbaik. Dan tidak perlu menunggu peluang datang. Ciptakan peluang-peluang sendiri dalam setiap kesempatan. Memimpin suatu proyek, memberikan kontribusi terbaikd alam meeting, ide-ide pemikiran yang bernas dan keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan apapun di perusahaan adalah peluang untuk mengembangkan diri dan bertumbuh.

5. Get feedback from others, listen and improve.
Feedback,  apapun bentuknya akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki diri. Jangan pernah alergi dengan masukan orang lain. Lebih baik lagi mendapatkan umpan balik dari orang-orang yang telah menunjukkan prestasinya, itu akan lebih bermanfaat. Umpan balik dari orang yang levelnya lebih tinggi juga sangat berguna untuk mencapai kualitas kerja terbaik.

Terimalah feedback, perhatikan dengan detil dan lakukan perbaikan secara terus menerus. Maka kita akan tumbuh menjadi lebih baik.

Siap memberikan yang terbaik untuk karir Anda? Mastery your career, mulai dari sekarang! []