Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 11 September 2013

Sekali Lagi, Fokus!

Hari ini cuaca cerah di Semarang. Matahari bersinar dengan sangat terang sehingga menghangatkan seluruh badan.

Iya, matahari yang memiliki kekuatan sinar luar biasa bisa memancarkan cahayanya ke seluruh muka bumi. Begitu panasnya matahari, hingga batu-batu angkasa atau apapun yang mendekati pusat matahari akan terbakar karena panasnya, tapi apa yang kita rasakan di bumi ini? Sinar matahari terasa hangat. Iya, panasnya matahari menjadi berkurang setelah menyentuh tubuh kita karena panasnya itu disebar ke seluruh muka bumi.

Sebaliknya coba kita mabil sebuah lensa, lalu kita arahkan pantulan matahri pada satu titik misalnya pada sebuah kertas. Maka kertas itu akan terbakar. Itulah kekuatan sinar yang fokus, mampu membakar benda yang tertimpanya.

Semua perubahan ini berhasil diraih melalui kekuatan fokus. Seperti api yang berhasil dinyalakan dengan memofokuskan sinar matahari pada sebuah titik melalui sebuah lensa kaca pembesar, demikian pula dengan kekuatan fokus yang bisa menyalakan semangat, meraih mimpi, dan membawa perubahan.

Alangkah hebatnya sebuah pisau yang tajam mampu memotong sayuran yang sangat keras menjadi dua. Semakin tajam suatu pisau maka akan semakin hebat kemampuannya dalam memotong sesuatu. Itulah sedikit perumpamaan dari sebuah kata yang simpel namun penuh makna yaitu fokus. Begitu dahsyatnya kata ini jika sanggup diaplikasikan oleh seseorang maka yang nampaknya sangat sulit dan terlihat mustahil untuk dilakukan, menjadi mungkin diwujudkan.

Jika kita mengamati orang-orang sukses entah di bidang apapun juga. Pastilah mereka hebat di satu bidang. Terkadang kita saking banyak yang di inginkan, kita lupa yang namanya fokus. Fokus di bidang yang kita kuasai benar-benar. Itulah kesalahan terbesar yang kita alami. Ingin ini, ingin itu, ingin jadi ini, ingin jadi itu. Pada akhirnya kita tidak mendapatkan apa-apa dari sana.

Coba kita lihat dan amati tetesan-tetesan air yang jatuh di batu atau karang di dalam gua. tetesan-tetesan tersebut jatuh terus menerus di tempat yang sama. Sehingga karang atau batu sekeras apapun dapat di buat menjadi bolong.

Demikian juga yang terjadi dengan sinar laser. Pancaran sinar yang difokuskan menjadikannya mampu membelah baja dan menjadi ’pisau’ operasi canggih untuk membedah tubuh pasien yang sakit tanpa menumpahkan darah. Semuanya adalah karena sinar itu dikumpulkan pada satu titik, fokus.

Itulah yang di namakan kekuatan fokus. Berfokuslah di satu bidang yang kita kuasai. Jadilah "master" di bidang tersebut. Saya yakin jika kita berfokus di bidang yang kita kuasai dan menjadi "master" di bidang itu, kesulitan keuangan tidak akan kita alami. Fokus pada kekuatan, bukan pada kelemahan. Termasuk juga fokus dalam menghitung dan melakukan kalkulasi terhadap resiko.




Jika ingin mewujudkan mimpi menjadi kenyataan, mulai tulislah mimpi-mimpi Anda. Tentukan cita-cita hidup yang ingin Anda raih. Lalu ambillah segala tindakan yang mendekatkan diri Anda pada impian-impian tersebut. Fokus pada bidang itu, maka impian-impian itu akan semakin nyata untuk diraih.

Selamat berjuang!