Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 27 November 2013

Inspirasi dari Bruce Lee

Hari ini, tanggal 27 November adalah hari ulang tahun Bruce Lee...he...tahu aja ya..kebetulan saja tadi pagi baca koran ada artikel tentang tokoh legendaris Kungfu tersebut. Kebetulan saya memang penggemar film-film laga mandarin terutama jenis film beladiri Kungfu.

Bruce Lee, jika hidup sampai sekarang usianya tepat 73 tahun. Meski sudah lebih dari 40 tahun meninggal, namun namanya masih banyak dikenang hingga sekarang. Bahkan banyak sekali orang-orang yang terinspirasi olehnya. Lihatlah banyak kita temua artikel-artikel tentang Bruce Lee. Atribut-atribut yang dipakai anak muda baik itu kaos, topi, kalung dan banyak lagi. Demikian juga buku-buku, kaset dan komik yang menceritakan kehidupan aktor legendaris ini.

Mereka terinspirasi dengan berbagai hal dari si Lee ini. Ada yang terinspirasi dari keahlian beladirinya, dari keaktorannya maupun dari sisi lain kehidupannya.

Paling tidak saya menemukan 3 inspriasi luar biasa yang bisa kita ambil dan terapkan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

1) Big Dream, memiliki impian yang besar. Bagaimana Lee yang berani memiliki impian-impian besar. Impian pertama membawa beladiri ke seluruh dunia melalui film. Dan ia sukses dengan menjadikannya film kungfu bukan hanya laris di jajaran film-film mandarin, namun berhasil menembus hollywood. Film beladiri kungfu sampai saat ini masih menjadi salah satu genre film yang mendunia. Namanya berhasil sejajar dengan aktor-aktor laga kelas dunia.

Bruce Lee juga memiliki keinginan untuk membuat beladiri Jet Kun Do yang merupakan gabungan dari berbagai macam jenis beladiri karate, tae kwon do dan yang lainnya. Cita-cita Lee untuk menembus dunia telah menjadi kenyataan, dan sampai saat ini namanya masih dikenang banyak orang di dunia bahkan diabadikan menjadi nama-nama perguruan tinggi.

Jika ingin sukses dalam bekerja, seharusnya kita juga punya impian-impian besar. Bukan hanya sekedar menghabiskan waktu pergi-pagi-pulang-petang namun menjadi aktivitas integral dari sebuah cita-cita besar kita dalam hidup. Pertanyaannya, sudahkan Anda punya cita-cita besar dalam hidup Anda?

2) Action.
Bukan hanya memiliki cita-cita, namun ia memilih jalan untuk mencapainya. Latihan keras yang ia tempuh untuk mengusasi ilmu beladiri, bagaimana ia menembus dunia film bahkan hingga mancanegara. Sebuah quote yang terkenal dari Bruce Lee diantaranya, 'knowing is not enough we must apply, willing is not enough we must do." Jadi tindakan adalah hal utama yang harus kita lakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi.

Pekerjaan tidak akan selesai dengan hanya kita pandangi atau kita pikirkan saja. Harus kita wujudkan melalui aksi-aksi nyata.

3) Brave and Consistency
Bruce memiliki keberanian yang kuat untuk mencoba dan terus mencoba. Meskipun berasal dari keluarga yang tidak mampu, masa kecilnya sering menjadi kalah-kalahan teman-teman sebayanya, namun Bruce Lee terus berusaha. Ia tidak berhenti berlatih dan berani mencoba.

Ia juga konsisten dengan cita-citanya. Untuk mendirikan perguruan silat, ia tidak menempuh dengan mudah. Perlu perjuangan yang keras untuk mewujudkannya. Hingga ia berhasil mewariskan ilmu beladari yang masih dipelajari dan digunakan orang seluruh dunia hingga sekarang.

Bekerja, sebagai apapun dan pada posisi apapun, perlu keberanian yang kuat untuk mewujudkan cita-cita dan mencapai hasil terbaik. Butuh konsistensi, karena tidak semua pekerjaan akan mulus jalannya. Pasti ada rintangan yang memberatkan. Dengan keberanian dan konsisten, kita bisa mencapai kesuksesan dalam semua hal.

Bruce Lee telah membuktikan keberaniannya. Bagaimana dengan Anda?

Salam persahabatan!
@JumadiSubur