Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 19 November 2013

Momentum

Pagi-pagi sekali seblum subuh biasanya saya sudah bangun, setelah melakukan kebiasaan ibadah seperti muslim lainnya menjelang subuh, saya bersiap ke masjid. Sebelum berangkat sempat mencabut BB yang sedang dicharge. Ternyata ada beberapa email tentang rencana 'penampilan' tim pada perayaan HUT perusahaan tercinta.

Sepulang dari masjid, saya baca kembali lebih seksama. Ternyata teman-teman sedang menyiapkan performance yang akan ditampilkan pada perayaan HUT besok. Banyak usulan atraksi, ucapan selamat, dress code, dan macam-macam. Di email saja sudah ramai apalagi nanti kalau ketemu, pikirku..:)

Momen ulangtahun selalu menjadi momen yang disambut dengan istimewa. Baik ultah seseorang atau perusahaan. Biasanya perusahaan membuat program-program khusus untuk merayakannya, mulai dari CSR sampai program untuk pelanggannnya. Namun tidak hanya ulangtahun, momen-momen yang lain juga tidak luput dari perhatian berbagai perusahaan untuk membuat program khusus. Momen tahun baru, lebaran, hari raya berbagai agama dan yang lainnya.

Momen.
Ya. Para pengusaha baik retailer maupun wholesales selalu memanfaatkan momen untuk meningkatkan omset mereka. Salah satunya adalah momen tahun baru. Lihatlah bagaimana stasiun televisi sudah jauh-jauh hari menayangkan program-program mereka menjelang pergantian tahun. Untuk apa? Ya pasti untuk menarik pemasang iklan lebih banyak.

Demikian juga pengusaha retail. Mereka membuat diskon dan penawaran menarik selama bulan puasa ini. Kita lihat di Robinson, Matahari, dan toko-toko sejenis. Ini membuktikan bahwa pasar Indonesia sangat luar biasa. Dan momentum-momentum tersebut selalu menjadi daya tarik mereka untuk meningkatkan omset.

Para sales biasanya sangat mengenali segmen pasar untuk produk/jasanya, sekaligus menyiapkan program untuk momen-momen yang sesuai dengan segmen tersebut.

Momen liburan sekolah, momen Ramadhan, hari Kartini untuk segmen wanita, demikian juga hari Ibu. Hari-hari besar keagamaan dan nasional, hari jadi kota pun tidak luput dari perhatiannya. Bahkan hari ulangtahun pelanggannya, hari ulangtahun pernikahan mereka, ulangtahun anaknya atau hari apa saja yang bisa Anda kaitkan dengan pelanggan.

Mereka memanfaatkan momen-momen tersebut untuk menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan. Dan itu tandanya omset Anda akan semakin meningkat. Joe Girard yang kita kenal sebagai penjual salesman mobil paling kaya di dunia, selalu menjalin hubungan dengan pelanggannya. Dan itu lah rahasia suksesnya.

Sebagai seorang pimpinan, apakah Anda juga memanfaatkan momentum-momentum untuk menjalin kebersamaan dalam tim?

Jika mereka bisa memanfaatkan momentum untuk meningkatkan omset dan membangun intimacy dengan pelanggannya, sudahkah Anda melakukannya untuk menjalin hubungan harmonis dengan bawahan atau anggota tim lainnya?

Silakan mulai dari sekarang.

Salam persahabatan!
@JumadiSubur



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT