Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 04 Desember 2013

Hidup Harus Bertumbuh

Pernah mendengar kisah orang tiba-tiba menjadi kaya, namun tidak berapa lama kemudian bangkrut dan kembali miskin? Sebagian orang yang mengalami hal ini adalah karena ia tidak siap untuk menjadi kaya. Ada juga orang yang punya bisnis, dalam waktu dekat bisnisnya berkembang pesat, namun tidak bertahan 1-2 tahun kemudian ia mengalami kebangkrutan.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Bisa jadi karena ia tidak siap dengan keadaan tersebut. Kekayaan atau bisnisnya bertumbuh, namun kemampuan mengelola uang atau ketrampilan mengelola bisnisnya tidak bertumbuh.

Dalam hal apa saja kita mesti bertumbuh?

Yang paling penting adalah bertumbuh dalam pemikiran. Pengetahuan kita selalu bertambah. Pendidikan. Bukan hanya pendidikan formal, namun tidak kalah penting adalah pengalaman hidup, baik pengalaman sendiri maupun belajar dari pengalaman orang lain.

Yang kedua adalah pertumbuhan karir. Setiap orang pasti menginginkan karirnya akan bertumbuh, tidak mentok begitu-begitu saja. Setiap orang yang bekerja ingin manapaki jenjang karir hingga yang tertinggi.

Mengapa hidup kita harus bertumbuh?
Paling tidak ada 3 alasan yang bisa kita jadikan dasar alasan:

1. Barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin celakalah Ia. Barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin rugilah ia. Dan Barangsiapa yang hari ini lebih baik dibandingkan hari kemarin dialah yang beruntung. (Hadits)

Artinya jika kita tidak ingin termasuk orang yang rugi, berarti setiap harus ada perbaikan dalam hidup kita. Bayangkan seandainya setiap hari kita meningkat 1% lebih baik dari hari sebelumnya, berarti dalam setahun kita bisa menjadi hampir 4x lebih baik dari sebelumnya. Pertanyaannya, apakah kita sudah bertumbuh lebih baik atau belum?

2. Hanya orang-orang gila yang mengharapkan hasil yang berbeda tetapi menggunakan cara-cara yang sama (Albert Eisntein)


Apakah kita ingin lebih baik dari sebelumnya? Jika jawabannya 'ya' berarti kita harus juga meningkatkan kualitas kerja setiap harinya. Karena kita tidak akan mencapai hasil yang berbeda jika terus melakukan cara-cara yang sama dengan sebelumnya. Disinilah kita perlu memiliki inisiatif. Inovasi. Kreativitas. Dan kreativitas menunjukkan sebuah kehidupan bertumbuh yang dimiliki seseorang.

3. Kita adalah manusia, yang hidup dan berkembang

Jadi kita harus bergerak dan terus berubah. Hanya jadi mayat yang hanya bisa diam membeku atau jadi zombi yang biarpun bergerak namun tidak memiliki kesadaran tentang apa yang dilakukannya. Bergeraknya kita harus dengan tujuan yang jelas. By purpose. Kemana kita bergerak, bagaimana kita mencapaianya, dengan cara apa kita melakukannya.

Tumbuhlah. Meski perlahan. Lakukan hal yang ingin Anda kuasai sedikit demi sedikit, setiap hari. Dengan berubah 1 derajat per hari, dalam setahun menjadi 365 derajat. Dan pada saat itu Anda akan terheran-heran dengan hasil yang Anda capai![]

Salam persahabatan.
Ngobrol di twitter? Follow @JumadiSubur