Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Minggu, 15 Desember 2013

Irama Cash Flow

Hari minggu biasanya adalah hari jalan-jalan dengan keluarga. Dan salah satu acara jalan-jalan identik dengan belanja. Namun hati-hati ketika belanja..kadang sedang asyik belanja, di akhir bulan tercengang dengan cash flow keluarga anda.

Bagaimana irama dalam mengatur arus kas keuangan Anda?
1) Irama Kewajiban - Hak
Sebagaimana kerap terjadi dalam pekerjaan, bahwa kewajiban harus didahulukan dan hak akan mengiringannya. (Meski kadang kita lebih sering menuntut hak.hak..hak..:) )

Maka dalam menggunakan uang kita, seharusnya yang wajib-wajib didahulukan. Kewajiban untuk membayar hutang, cicilan-cicilan, membayar biaya sekolah dan kewajiban yang terkait dengan keyakinan spiritual Anda juga harus diutamakan. Setelah itu baru gunakan untuk kebutuhan yang sifatnya 'hak' anda..ya kebutuhan belanja yang lainnya.

2) Irama Kebutuhan - Keinginan
Dalam memmbelanjakan uang biasanya banyak daintara kita yang lebih mengikuti emosional, keinginan yang tiba-tiba muncul ketika kita sudah berada di tempat belanja. Padahal sebagaimana kita sadari seharusnya yang diutamakan adalah kebutuhan.

Namun apa daya, dengan adanya tawaran diskon, fasilitas belanja mudah dengan kartu kredit, tawaran hadiah, bonus promosi dan lainnya telah menggiring kita dalam membeli barang yang kita inginkan, yang anehnya belum tentu kita butuhkan..:)

3) Irama Menabung - Menuai
Jangan lupakan bahwa apa yang Anda lakukan saat ini akan berpengaruh pada hidup Anda di masa depan. Setuju kan? Termasuk juga pola konsumsi dan manajemen keuangan kita.

Maka dari itu secara disiplin, alokasikan sebagian dari penghasilan Anda untuk investasi atau minimal menabung. Apa beda investasi dan menabung? Tentu Anda telah mengerti..he..
Karena apa yang kita tabung atau kita investasikan akan kita tuai nanti pada masa yang akan datang. Sepakat saja lah dengan saya! Ok?

Jadi, bagaimana irama cash flow Anda?

Selamat berakhir pekan.
Salam persahabatan!


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT