Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 06 Desember 2013

Simbolisasi Semangat

"Tekanan yang kuat pada busur, yang membuat anak panah melesat tinggi ke awan" (Bidadari Words by Khrisnamurti @andahebat)

Anak panah (arrow) memang luar biasa. Bayangkan, meski bentuknya kecil, dia bahkan dijepit erat lalu ditarik kuat kebelakang sebelum dilepaskan dari busur. Dan setelah melesat, denagn kecepatan yang menakjubkan, ia akan menuju sasaran yang diincar.

Anak panah adalah salah satu simbol yang saya gunakan untuk membangkitkan motivasi dalam diri. Terutama dalam memasuki tahun baru 2014 ini. Simbol yang lainnya adalah Logo Nike dan menggunakan lagu sebagai "Anchor" atau jangkar emosi.

1. Anak Panah.
Mengapa anak panah? Karena bagi saya, anak panah adalah simbol bahwa tahun 2014 yang akan datang adalah saatnya saya akan melesat dengan cita-cita sebagai pembicara publik. Sebagai seorang trainer dengan brand pelatihan "Personal Mastery - Mengelola Hidup dan Merancang Masa Depan". Jadi dengan simbolisasi ini, semua tindakan saya akan mengarah pada cita-cita tersebut. Setiap mengambil keputusan atau membuat prioritas aktivitas, selalu mempertimbangkan pada cita-cita tersebut dan tentu saja pada arah visi hidup yang telah saya buat.

Alasan kedua adalah anak panah menggunakan energi pantul untuk mencapai yang terbaik. Ia memanfaatkan 'ujian' berupa dijepit dan ditarik ke belakang sesaat untuk meluncur dengan sangat cepat. Saya yakin dengan kesulitan-kesulitan yang terjadi di tahun ini, adalah bekal dan pelajaran yang diberikan kepada saya untuk bersiap 'melesat' lebih jauh.

Bagaimana dengan Anda? Silakan menerjemahkan sendiri simbol anak panah bersi Anda..:)

2) Simbol Nike
Itu kan logo porduknya orang lain. Emang kenapa? He... saya kan hanya menggunakan simbolnya.
Kenapa dengan simbol Nike? Lihatlah! Gambarnya seperti tanda centang, betul? Tanda itu awalnya di atas, terus turun ke bawah, kemudian naik lagi lebih tinggi dari titik semula.

Tahun ini bisa jadi adalah tahun saya harus menurun, namun saya yakin tahun depan adalah tahun titik balik, saya akan melesat lebih tinggi. Saatnya naik. Seperti Nike! he..

3) Lagu sebagai 'Anchor'
Jika tahun 2013 ini saya menggunakan lagu 'One Moment In Time' dan 'Hadapilah' sebagai 'sound track' untuk memotivasi diri, maka tahun depan saya akan menggunakan lagu 'Bendera'-nya Cokelat dan 'Prahara Jadi Anugrah' untuk menemani, mendengarkan, melafalkan liriknya dan menyanyikannya...:D

Ini juga sebagai simbol bahwa tahun depan saya akan mengibarkan bendera saya setinggi-tingginya, tahun 2014 adalah tahun kebangkitan. Apapun yang terjadi di tahun 2013 ini, akan berubah menjadi anugrah terindah di tahun depan.

Itu mungkin hanya seimbolisasi. Namun ternayata kita sangat senang dengan simbol-simbol...maka dari itu saya menggunakan simbol-simbol untuk memicu semangat diri. Simbol-simbol itu nanti bisa melalui viasualiasi, melalui apa yang kita dengarkan dan apa yang kita bayangkan.

Bagaimana pendapat Anda?
Silaturahim dengan saya di twitter @JumadiSubur

Salam persahabatan!