Kualitas Kepemimpinan

Patrice adalah staf di bagian penjualan tidak langsung, yang tugasnyaemgkoordinir distributor dan memantau penjualannya. Yang serig dikeluhkan Patrice bukan pekerjaannya yang rumit, namun managernya yang sering tidak nyambung jika diajak diskusi terutama dalam hal permasalahan dengan pemilik distributor.

Karyawan yang selalu tampil trendi ini sering kecewa dengan cara bosnya berkomunikasi. Hal lain yang dikeluhkannya sikap bosnya yang cuek dengan keadannya. Bos nya sering salah berkirim email, misinformasi dari kantor pusat.

Menurut DR Ruslan Abdulgani, seorang pemimpin harus memiliki tiga kelebihan; unggul dalam kecerdasan, kualitas kerohanian dan kekuatan jasmani. Dengan memenuhi kualitas dalam tiga hal tersebut kepemimpinan seseorang terlihat keterujiannya.

Kecerdasan adalah aspek intelektualitas. Disini keunggulan dalam wawasan dan pengetahuan dibutuhkan. Sehingga dia terlihat sebagai generalis yang mengetahui banyak hal dan spesialis yang menguasai bidang yang ditekuninya.

Aspek kerohanian akan menumbuhkan kepekaan etika dan kualitas moral. Kedekatan kepada Tuhan akan menumbuhkan empati dan kesadaran diri.

Kekuatan fisik akan membawa vitalitas untuk menanggung beban. Karena kekuatan fisik akan menjadikannya mampu melakukan pekerjaan dalam jumlah yang banyak.

Dari semua karakter kepemimpinan yang paling penting adalah keteladanan dan tanggungjawab. Bahwa semua amanah kepemimpinan akan dipertanggungjawabkan, di dunia dan akhirat.


Bagaimana dengan Anda?
Salam persahabatan!
Lebih baru Lebih lama