Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 25 Maret 2014

Kerja-kerja Kecil

Kadang kita merasa sulit untuk meraih tujuan yang diinginkan. Kesulitan muncul karena merasa berat mencapai cita-cita yang menggantung tinggi atau keinginan yang melambung.

Bahkan kadang kita merasa down sebelum bekerja ketika menemukan pekerjaan yang menurut kita rumit, memerlukan kerja keras atau terlalu ’besar’. Maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan ’memecah’ tujuan Anda menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah.

Misalnya Anda bercita-cita untuk menulis buku, tapi Anda merasa sulit memulainya, maka buatlah tujuan itu menjadi bagian-bagian kecil sebagai tujuan antara. Tetapkan terlebih dulu bahwa tujuan Anda menyelesaikan satu bab dari buku itu. Atau kalau masih terlalu banyak turunkan lagi menjadi satu abab atau hanya 5 halaman dari buku itu. Jika masih sulit, Anda bisa mem-breakdown menjadi 5 paragraf atau bahkan cukup satu paragraf dulu.

Intinya, membuat turunan dari tujuan besar menjadi tujuan-tujuan kecil adalah untuk membuat pekerjaan Anda terasa lebih ringan dan mudah dilakukan. Jangan biarkan pikiran Anda dihantui oleh kesusahan untuk mencapai tujuan besar. Tujuan yang sulit diraih hanya akan membuat stres dan frustasi sehingga semangat Anda malah menurun.

Yakinkan bahwa Anda ’hanya’ mengerjakan hal kecil sehingga terasa lebih mudah. Setelah selesai, Anda bisa melanjutkan pekerjaan ’kecil’ berikutnya sehingga tanpa sadar Anda telah menyelesaikan ’kerja-kerja kecil’ dan bila ini terjadi lama kelamaan Anda akan mencapai tujuan besar yang awalnya dianggap sulit.

Jika cara ini harus Anda lakukan secara konsisten, artinya tidak akan berhenti pada akhir ’pekerjaan kecil’ itu saja, agar Anda benar-benar mencapai tujuan besar. Sebab jika Anda berhenti hanya sebatas pada sub pekerjaan itu maka Anda justru akan terlena dan tidak mencapai tujuan besar yang Anda harapkan.

Supaya Anda tetap termotivasi untuk melangkah ke tujuan berikutnya, sebaiknya Anda memberikan penghargaan diri Anda secara sederhana, misalkan dengan mengucapkan kata-kata pujian atau syukur, mentraktir diri Anda atau apa saja, yang penting bukan tindakan maksiat. Perayaan kecil untuk hasil kerja tahap ini akan menumbuhkan semangat Anda. []