Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 01 Mei 2014

PitStop-lah Sejenak

Dalam lomba balap mobil ekstra cepat Formula 1, ternyata ada satu kondisi yang harus dilakukan para pembalap, yakni berhenti sesaat yang disebut Pitstop. Tidak ada satu pembalap pun, secepat apapun lajunya dalam berkendara, yang tidak melakukan pitstop.

Pitstop adalah proses berhenti sejenak pada tempat yang telah ditentukan, disana semua pembalap berhenti sesaat, dilakukan pengecekan semua bagian mobil atau juga penggantian bagian mobil yang diperlukan. Sejurus kemudian dia akan melakukan start lagi dan melaju dengan kecepatan tinggi.

Sesibuk apapun Anda dalam bekerja, seberapa tinggi jabatan Anda dan seberapa jauh jam terbang karir Anda, lakukanlah Pitstop sejenak. Raga anda perlu rehat untuk pengecekan kekuatan, jiwa Anda perlu nutrisi untuk kesegaran emosi, dan pikiran Anda perlu variasi informasi agar tidak mudah jenuh.

Pitstop dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan hari libur. Luangkan waktu dengan anak-anak Anda, bermain, memasak bersama, berkejar-kejaran, berenang atau sekedar mengajak keluarga untuk melakukan hobi atau kesenangan bersama.

Anda juga bisa melakukan aktivitas spesial dengan pasangan, pergi berdua tanpa anak-anak akan memperkuat rasa cinta antar anda berdua. Mengenang masa-masa lalu ketika awal pernikahan, mengulang cerita indah bersama atau membuat cerita-cerita baru yang lebih indah bersama pasangan Anda.

Pilihan lain, anda bisa meluangkan waktu untuk mengikuti training, seminar atau pelatihan untuk mengasah pengetahuan. Biasanya di akhir pekan banyak penawaran berbagai jenis training atau seminar. Mulai dari kesehatan, bisnis, pengembangan diri dan ketrampilan/pengetahuan lainnya.

Saya sendiri selain menggunakan waktu untuk 'berhenti sejenak' dengan aktivitas bersama keluarga atau ikut seminar dan pelatihan, biasanya saya mengikuti kegiatan pencerahan ruhani. Sebulan sekali, saya bersama teman-teman melakukan MABIT atau malam bina iman dan taqwa. Disini kami benar-benar mengisi waktu dari sore hingga pagi untuk aktivitas ruhani. Mengkaji ilmu agama, beribadah, membaca kitab dan banyak berdzikir.

Ternyata bukan hanya pembalap yang melakukan Pitstop. Orang-orang sukses di seluruh penjuru dunia juga melakukan Pitstop. Maka, pitstop-lah sejenak, untuk mencapai kesuksesan dan meraih hidup lebih baik.


Salam Persahabatan!

Jangan biarkan karir dan hidup Anda mengalir begitu saja. Hidup harus bertumbuh. Baca selalu www.tentangkarir.com
Ingin diskusi dengan saya? Follow @jumadisubur