Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 26 September 2014

Kerja Berbuah Surga

Kerja adalahh bagian dari ibadah. Begitu kata sebagian orang. Ada juga yang bilang bahwa bekerja tidak hanya sekedar mencari nafkah, mendapat gaji, namun juga mencari pahala dan menabung kebaikan.

Semua berawal dari niat. Niat adalah pondasi paling mendasar dari semua aktivitas kita. Akan jadi ibadah atau tidaknya kerja kita, semua tergantung dari niat kita.

Itulah yang saya sebut dengan purpose. Pondasi utama dalam bangunan amal. Niat, tujuan atau juga visi hidup adalah dasar paling penting dalam memilih profesi. Profesi apa yang paling tepat, yang akan mendukung tujuan hidup kita yang utama. Tentu saja tujuan hidup bagi orang beragama tidak hanya tujuan di dunia, namun juga tujuan hakiki kita, tujuan akhirat.

Jika saya punya visi akhirat 'mati syahid dan masuk surga tanpa hisab', maka profesi pilihan saya haruslah mendukung visi hidup ini. Dengan demikian pekerjaan saya seharusnya pula menjadi sarana untuk mencapai visi hidup tersebut.

Inilah yang saya sebut dengan work with purpose. Work on mission.

Faktor kedua yang akan menjadikan pekerjaan kita sebagai wasilah atau sarana untuk mengumpulkan amal menuju surga adalah jika kita mencintai profesi tersebut. Pekerjaan yang sesuai dengan passion kita.

Jika bekerja sesuai dengan passion, kita merasa enjoy dalam menekuni profesi. Passion juga memungkinkan kita menjadi ahli (expert) dalam bidang tersebut. Dengan demikian juga sangat memungkinkan kita mendapat penghargaan yang layak atas pekerjaan ini. Kita lebih dihargai. Dan jika kita mencintai profesi tersebut, sangat mungkin kita dengan ikhlas melakukannya. Maka keikhlasan itu sangat penting untuk menjadikan pekerjaan sebagai bagian dari ibadah.

Inilah work with passion...

Dan faktor ketiga adalah tekad untuk memberikan hasil terbaik melalui profesi kita. Selalu bertekad menciptakan prestasi-prestasi. Sebagaimana sabda Rasulullah agar semua muslim bekerja dengan itqon, dengan profesional.

Bekerja dengan profesional ditunjukkan dengan performance kita dalam bekerja. Disini dibutuhkan integrity dan ability. Integritas adalah karakter unggul yang membalut profesionalisme kita. Kejujuran, ketaatan pada aturan, kemauan untuk mengembangkan diri dan mencipta prestasi. Ability adalah kemauan dan kemampuan dalam melakukan pekerjaan. Ability meliputi skill, knowledge dan attitude terbaik sebagai bekal kita untuk bekerja.

Dan performance selalu diukur dengan result. Apa yang kita hasilkan selama kita bekerja, periode demi periode.

Orang yang ingin menjadikan pekerjaannya sebagai bagian dari ibadah, sebagai sarana menuju surga, haruslah menunjukkan prestasi terbaik dalam bekerja.

Work with peak performance.

Jadi ada 3 hal yang paling penting agar kerja berbuah surga: purpose, passion dan performance. Semua itu kita jalankan dengan keikhlasan, hanya Allah lah sebagai puncak ketulusan dan tujuan utama atas semua pencapaian kita dalam bekerja.

Salam persahabatan.
#AgarKerjaBerbuahSurga
@jumadisubur

www.tentangkarir.com