Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 13 Maret 2015

Psy Cap

Menurut penelitian, ada 3 faktor pembentuk sikap dalam menghadapi situasi yang kita hadapi, yaitu:
- 50 % karena faktor genetik
- 10 % karena pengaruh eksternal
- 40 % pilihan sikap.

Dari ketiga hal tersebut, poin 1 dan 2 sulit untuk kita kendalikan karena faktor-faktor tersebut di luar kuasa kita. Namun faktor nomor 3 yakni pilihan sikap, sangat tergantung kepada diri kita. Kita yang mengendalikannya.

Dalam literatur lain ditemukan bahwa setiap manusia memiliki capital (modal) yang menentukan tingkat keberhasilannya. Yakni economic capital (keuangan, dll), human capital (pendidikan, dll), social capital (keluarga, lingkungan, dll) dan psychological capital (harapan, kemampuan menghadapi masalah, dll)

Psycological capital (psy cap) inilah yang akan menentukan pilihan sikap kita yang 40% itu. Bagaimana pilihan sikap kita sangat tergantung kepada seberapa besar psy cap yang kita miliki.

Psy cap sendiri ada 4 hal penting yang disingkat HERO, yakni Hope, Efficacy, Resilience dan Optimist.

Hope adalah seberapa besar kita memiliki kekuatan harapan terhadap masa depan. Semakin besar harapan seseorang pada masa depan akan sangat menentukan bagaimana ia menyikapi sebuah keadaan. Harapan lah yang membuat sesorang akan terus berjuang menyelesaikan masalah apapun yang menghimpitnya.

Efficacy adalah semangat seseorang atau rasa percaya diri seseorang untuk meraih harapannya. Dari semangat dan rasa percaya diri inilah ia memiliki daya juang yang luar biasa untuk mewujudkan harapannya.

Sedangkan resilience adalah daya tahan dan kemampuan orang tersebut untuk menghadapi suatu masalah atau kekuatan untuk bangkit dari kegagalan. Karena perjalanan hidup tidak selamanya indah. Jalan tidak selalu mulus. Untuk bisa berhasil seseorang harus memiliki kekuatan untuk bangkit dan daya juang menghadapi suatu kegagalan.

Optimist adalah tumbuhnya suatu motivasi memandang masa depan lebih baik. Keyakinan bahwa akan ada jalan dibalik semua kemauan dan akan ada keberhasilan dibalik semua perjuangan.

Keempat psy cap tersebut disingkat HERO.
Hero artinya adalah pahlawan. Maka setiap pahlawan juga memiliki keempat karakter tersebut.

Seberapa besar psy cap yang Anda miliki?

Salam persahabatan.
@jumadisubur