Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Selasa, 31 Oktober 2017

Mental Penakluk

Salah satu momen yang paling mengesankan bagi saya ketika mengikuti Grounded Business Coaching Led by Coach Dr. Fahmi adalah ketika sesi potong tumpeng. Dalam sambutan singkatnya guru kami Coach Dr. Fahmi mendobrak jiwa-jiwa kami. Ya, semangat berdaulat. Semangat Penaklukan.

Bicara tentang mental penaklukan, jad teringat sosok sang raja rimba, singa. Ya. Singa adalah wibawa sosok penakluk. Lihatlah performancenya, daya jelajahnya dan juga tindakannya dalam menaklukkan mangsa.

Paling tidak ada 3 mental yang harus dimiliki oleh sang penakluk : confident, concrete dan creative.

Pertama, milikilah confident. Manusia sudah dipilih oleh Tuhan sebagai pemimpin di dunia. Itulah pula tugas manusia menjadi khalifah di muka bumi. Inilah modal utama kita sebagai penakluk. 'Warisan' kepemimpinan ini harus kita ambil. Kita harus percaya dengan kemampuan yang dianugerahkan kepada kita.

Confident membuat kita memiliki daya juang dan determinasi maksimal.

Coba lihat singa. Hewan ini punya confident yang tinggi, juga punya ketenangan yang tinggi. Kalau ingin menyergap mangsa, ditatapnya mangsa ini dengan baik. Dia tidak banyak bergerak, namun begitu mangsanya itu lewat, dia sergap. Seperti itulah seorang penakluk bekerja.

Yang kedua adalah mental menciptakan solusi konkrit.
Kemampuan berpikir solutif adalah kemampuan berpikir eksperimental. Jangan takut melakukan sesuatu yang baru. Kita coba, kalau ada kesalahan, kita perbaiki. Jangan pernah takut gagal. Yang penting adalah semangat memberi solusi dan meraih hasil terbaik.

Lihatlah singa, selalu berpikir hasil nyata. Harus berhasil memaklukkan mangsanya. Singa tidak pernah mengambil langkah sia-sia. Taktis, realistis dan result-oriented.

Disinilah peran EMINET, Empowering Indonesia Networking yang menjadi sarana dedikasi bagi para Grounded Coach.

Terakhir, seorang penakluk memiliki kemampuan berpikir berpikir _Creative_. Jangan pernah ragu melakukan inovasi. Biasakanlah memikirkan hal-hal yang tidak dipikirkan oleh orang lain. Lakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain. Insya Allah ini akan menciptakan perbedaan.

Inilah tiga mental dan kemampuan mendasar para penakluk. Orang yang memiliki mental seperti ini akan mampu mendayagunakan segala hal yang ada di depannya.

Salam Grounded
# Terus belajar dan berbagi
# Berkualitas dan rendah hati
# Berdaya dan membumi.

Jumadi Subur
Alumni GBC XIX
Led by Coach Dr. Fahmi