Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 08 Maret 2018

Menjaga Motivasi

Saat menemukan masalah dan kegagalan, tidak sedikit orang yang menjadi putus asa. Saat yang lain, seorang merasa sangat bersemangat untuk meraih sesuatu. Kalau dua-duanya pernah Anda alami, itu wajar. Sebab menurut para ahli, pada dasarnya motivasi-sesuatu yang membuat orang terdorong untuk bertindak atau diam-memang naik turun. Dengan kata lain, gairah dan energi memang berubah dari hari ke hari, jam ke jam, bahkan sering kali dari satu masalah ke masalah yang lain.

Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hidup menjadi tidak hidup tanpa motivasi. Layaknya mayat hidup atau zombie yang berjalan kesana kemari.


Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia bisa saja kehilangan motivasi. Bahkan nabi sekalipun pernah mengalaminya. Kita mungkin ingat periode kesedihan Rasulullah ketika berturut-turut ditinggal pergi istri dan paman tercinta. Menarik sekali mempelajari bagaimana orang-orang besar menumbuhkan kembali motivasinya. Ingat, orang besar itu bukan orang yang selalu termotivasi, tapi orang yang cepat sekali menemukan motivasinya ketika ia kehilangan.

Apapun profesi kita, ada saatnya mengalami proses kejenuhan. Omzet sedang turun, bosan dengan rutinitas kantor, lembur, dan lain-lain.

Naik turunnya motivasi tak akan bisa dihindari. Jangan sekali-kali menolak atau merasa salah bila sedang dilanda perasaan seperti itu. Yang bisa Anda lakukan adalah mengontrolnya. Itu sebabnya, kemampuan mengontrol agar tetap bisa tinggi- motivasi menjadi penting bagi anda karena disitulah salah satu kunci sukses dalam segala hal.

Berikut beberapa tips agar Anda dapat terus mempertahankan motivasi:

Pertama, komunikasi dengan diri sendiri terkadang memang bisa menjadi musuh atau teman yang baik. Tapi jangan pernah takut mendengarkan keputusan hati kecil Anda, sehingga Anda bisa mengetahui perbuatan mana yang benar dan mana yang salah. Biasakan juga mengingat keberhasilan yang pernah Anda capai, jangan hanya kegagalan. Dengan demikian, kepercayaan diri Anda bisa meningkat.

Kedua, jagalah kondisi tubuh Anda agar tetap fit. sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang fit bisa meningkatkan energi. Bila energi Anda meningkat, Anda tentunya akan merasa lebih baik. Jadi jangan pernah absent melakukan aktivitas fisik agar tubuh Anda terus fit.

Ketiga, dengarkanlah musik atau hibur diri Anda. Sebagian besar waktu orang terutama di kota besar lebih banyak dihabiskan di mobil (dalam perjalanan). Biasakan mendengarkan musik selama Anda di mobil. Hal ini bisa melahirkan ide-ide segar.

Tips keempat, jadilah diri sendiri dan selalu bersosialisasi dengan sesama. Usahakanlah terus untuk bersosialisasi, terutama dengan sesama rekan kerja seprofesi. Semua itu nantinya bisa menjaga semangat Anda terus tinggi.

Orang yang sukses bisa mengarahkan pikiran dan emosi diri sendiri dan orang lain. Karena itu, jangan takut untuk mulai mengarahkan pikiran dan emosi diri sendiri maupun orang lain.[]