Sabtu, 04 April 2020

Santan Kehidupan


Santan Kehidupan

Buah kelapa memang fenomemal. Hampir seluruh bagiannya memiliki banyak manfaat, mulai dari buah, daun, dan batang pohonnya. Buahnya dapat kita gunakan sebagai bagian pelengkap dari sebuah masakan yang akan menambah rasa gurih didalamnya. Ya. Salah satu manfaat dari daging buah kelapa adalah dijadikan santan.

Tapi bagaimanakah proses untuk menjadi santan? Sungguh merupakan sebuah perjalanan berat sebuah buah kelapa untuk menjadi santan. Buah kelapa harus dijatuhkan dengan sangat keras ke tanah dari atas pohonnya yang tinggi.

Setelah itu, kulit kelapa harus dilepaskan (kupas) dengan cara ditarik ke sana kemari. Kdang dikupas dengan besi runcing dan tajam. Setelah gundul karena kulitnya dikupas dan hanya tinggal batoknya saja, kelapa harus dipukul dengan sangat keras agar pecah.

Tunggu, masih belum selesai, setelah kelapa pecah, isi buahnya harus dicungkil atau dilepaskan dari batoknya. Tidak cukup sampai disitu, kelapa masih harus diparut menggunakan mesin pemarut yang berupa besi-besi kecil tajam. Belum juga selesai, hasil parutan itu masih harus diperas hingga mengeluarkan santan.

Dalam kehidupan, untuk menjadi orang yang hebat seringkali kita harus melalui proses jatuh bangun yang tidak gampang. Ujian akan datang silih berganti, yang akan menempa jiwa kita menjadi tangguh. Itu adalah bagian proses yang harus kita lalui agar kehidupan yang kita jalani lebih bermutu. Kuat dan sabar saat menanggung derita adalah kunci menuju kehidupan yang lebih bermakna.

Mengapa setiap usaha untuk membuahkan hasil terbaik selalu membutuhkan tenaga ekstra? Agar kita belajar ikhtiar dan kerja keras.

Mengapa doa kita tidak selalu langsung dikabulkan? Agar kita belajar bersabar.

Mengapa tidak setiap apa yang kita inginkan selalu dapat kita miliki? Agar kita belajar ikhlas.

Dalam hidup terkadang ada kalanya datang rasa sakit, perasaan tak nyaman, hinaan dan segala derita yang seringkali tidak kita inginkan. Tapi itulah proses yang harus kita lalui untuk mendapatkan sari pati kehidupan, santan dari kehidupan, yang akan menambahkan cita rasa kehidupan kita menjadi lebih gurih, dan mengantarkan kita pada pintu surgaNya.

Jangan berhenti ketika mendapatkan ujian atau cobaan karena kelapa tidak akan menghasilkan saripati bila prosesnya berhenti ditengah jalan. Semoga kesuksesan segera menghampiri kita. []