Perbaikan Berkelanjutan

 


Satu ungkapan yang selalu saya ingat: hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Ungkapan yang singkat tetapi bermakna. Tidak hanya berbicara soal perlunya kapasitas berfikir bertambah dengan bersekolah, bukan hanya rekening bertambah terus di bank, bukan hanya harta benda yang terus bertumpuk, namun lebih dari itu, amal kebaikan semakin bertambah.

Lebih baik dalam segala-galanya. Watak, kecerdasan, pergaulan, ruhani, jasmani dan instrumen panca indera untuk bekal kenhidupa di dunia ini.

Apa yang Anda lakukan memang lebih baik dari kemarin? Pertanyaan ini seharusnya memacu diri kita ketika semangat sedang melemah, ketika pergumulan dengan berbagai persoalan menjadikan diri kita lemas. Saat diri kita dililit berbagai cobaan hidup sehingga bertanya-tanya kapan akan selesai persoalan ini.

Inilah pernyataan diri dari dalam sanubari bahwa selangkah demi selangkah hari demi hari akan semakin baik. Lingkungan mungkin tidak berubah, namun daya fikir dan sumber daya diri semakin bertambah positif, proaktif dan menebarkan kebahagiaan.

 

Seperti yang dikatakan James Stowers pendiri American Century Investments pernah berkata, “If you don't think  tomorrow is going to be better than today, why get up? You've got to believe each new day is going to be better, and you have to be determined to make it so. If you are determined, then certainlyl, the best is yet to be."  Jika Anda tidak yakin bahwa hari esok akan lebih baik, mengapa bangun pagi? Anda harus percaya bahwa setiap hari  baru akan menjadi lebih baik dari kemarin dan Anda mesti usahakan  untuk menjadikannya demikian. Keyakinan Anda akan menjadikannya yang  terbaik, jauh lebih baik.

Sebuah hadits. menerangkan bahwa barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, merugilah dia. Dan barangsiapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin, celakalah dia. Oleh karena itu, satu-satunya pilihan adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin, demikian seterusnya.

Orang yang akan unggul adalah orang yang berbuat lebih banyak dari orang lain dalam rentang waktu yang sama. Jatah waktu kita dalam sehari adalah sama yaitu 24 jam. Marilah kita mulai dari sekarang dalam waktu sama, tapi isi beda! Itulah rahasia sukses. []

Lebih baru Lebih lama