Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 05 Juli 2013

10 Energi Super Positif

Setiap hari, saya selalu mendapatkan broadcast pesan yang memberi semangat (meski kemudian diiringi dengan tawaran produk/jasa). Itulah salah satu efek punya banyak contact. Efek yang baik.
 
Beberapa pesan yang sering saya dapatkan adalah:
  • Yakin sukses di hari Senin
  • Selasa penuh asa
  • Rabu-wirausaha
  • Semakin optmisi di hari Kamis
  • Jumat pernuh rahmat
  • Berburu ilmu di hari Sabtu
  • Menebar manfaat di hari Ahad
Termasuk juga pagi ini. Beberapa teman dari broadcast pesan, twit dari orang-orang yang saya 'follow' banyak mengingatkan tentang hal-hal positif di hari Jumat. Mulai dari pagi hari yang mengingatkan menyambut hari penuh rahmat, bersiap perbanyak ibadah di hari Jumat hingga kiriman tentang ayat-ayat motivasi yang sungguh menginspirasi.
 
Dan, maha suci Allah, banyak sekali suntikan energi positif yang kita dapatkan dari ayat-ayat suci.
 
1. Beberapa kali ketika menemukan suatu kendala, berulang kali mencoba, lalu kita gagal, terbersit sebuah pikiran : "Ah, ini sungguh berat. Mana mungkin bisa berubah..".
 
Ternyata Allah menjawab: "Jika Aku menghendaki, cukup Aku berkata "jadi", maka jadilah." (QS Yaasin:82)
 
2. Saat kita merasa capek karena mengerjakan banyak pekerjaan, kita sering mengeluh: "Capek banget..."
 
Dan Allah memberi cara untuk melepaskan lelah: "...dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat". (QS An Naba' :9)
 
3. Ketika kita mendapatkan masalah, hal yang sering terjadi adalah perasaan:"Berat banget yah, ga sanggup rasanya..."
 
Allah memberikan jaminan: "Aku tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupannya" (QS Al Baqarah:286)
 
4. Tanpa sadar kita sering mengeluh bahwa kita bingung, stress, panik, gamang, gundah, gelisah dan sebagainya.
 
Allah menghibur kita: "Hanya dengan mengingat-Ku hati akan menjadi tenang" (QS Ar Ra'd:28)
 
5. Sudahpun kita melakukan sesuatu kebaikan, ternyata tidak dianggap oleh orang lain. Ada kalanya kita merasa apa yang kita kerjakan hanya sepele, remeh temeh, atau 'ngga terlalu penting'..
 
Tenang, tidak ada yang sia-sia. Allah berjanji: "Siapa yg mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya" (QS Al Zalzalah:7)
 
6. Sebaliknya ketika kita mengerjakan tugas-tugas besar, cukup sulit bagi kita atau terlalu rumit untuk ditanggung sendirian, spontan muncul keluhan: "...aku sendirian, ga ada seorangpun yang mau membantu..."
 
Inilah jawaban Allah pada kita :"Berdo'alah (mintalah) kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan untukmu". (QS Al Mukmin :60)
 
7. Ketika ada suara yang tidak mengenakkan, atau kita dituduh melakukan suatu yang tidak kita lakukan, dibenci sebagian orang, merasa sendiri dan tidak ada teman, merasa sedih...
 
Allah Yang Maha Menemani, menghibur dengan jawaban pasti: "Laa tahzan, innallaha ma'ana. Janganlah kamu berduka cita sesungguhnya Allah bersama kita" (QS At Taubah:40)
 
8. Ketika sesuatu terjadi, kejadian yang tidak menyenangkan menghampiri kita dan itu tidak sesuai dengan apa yang kita pikir dan kita rencanakan sebelumnya, tanpa sadar, mungkin dalam hati berpikir: 'Aku benci hal ini, kenapa ini terjadi padaku..."
 
Ternyata Allah mencintai kita dengan jaminannya: "...boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui" (QS Al Baqarah: 216)
 
9. Ketika masalah demikian besar, kita merasa terbentur batu besar, lalu bingung dan tak tahu harus melakukan apa, muncul kebimbangan dalam benak kita: "Aku tidak tahu berbuat apa, blank rasanya..., stuck, buntu!"
 
Allah Yang setia menemani kita menjawab: "...barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar" (QS At Thalaaq :2)
 
10. Ketika seding banyak keperluan dan pemasukan terbatas, kita mengeluh: "Hidupku sekarang berbeda, kebutuhan demikian banyak, gaji rasanya ngepas, bahkan kurang...kalau tidak ada
pemasukan tambahan tidak tahu harus bagaimana..."
 
Allah memberikan jaminan dengan menjawab: "Dan Allah memberinya rezeki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yg bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya" (QS At Thalaaq :3)
 
Itulah beberapa Energi Super Positif yang disuntikkan oleh Allah dalam tutur ayat-ayatNya.
 
Dan ternyata Allah adalah teman curhat yang paling setia. Janji-Nya selalu benar dan pasti ditepati.
 
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT