Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Sabtu, 31 Agustus 2013

Olah Tiga

Meski libur, tetap aktif. Hari sabtu, jika tidak ada agenda training adalah hari saya untuk keluarga. Antar jemput sekolah, pergi main dengan anak-anak atau kegiatan lainnya.

Namun di semua hari ada rutinitas yang tetap saya usahakan untuk dijaga, dilakukan secara konsisten. Yaitu melakukan olah tiga: olah raga, olah akal dan olah jiwa.

Kita sadari bahwa Allah memberikan potensi terbaik kepada kita, berupa potensi jasad, akal dan jiwa (ruhani). Ketiga potensi inilah yang membedakan kita dengan mahluk Tuhan yang lain. Dengan ketiga potensi inilah kita bisa mencapai hasil yang terbaik dalam hidup.

Kerja terbaik adalah yang dilakukan secara komprehensif antara kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Inilah pentingnya keseimbangan aspek fisik, akal dan jiwa harus selalu kita jaga.
Untuk menjaga agar kita selalu sehat dan seimbang dalam hidup, ketiga potensi ini harus kita asah setiap hari. Cara mengasahnya adalah dengan melakukan olah tiga.

Olahraga rutin setiap hari adalah kebiasaan terbaik untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Joging atau lari-lari ringan setiap pagi 30-40 menit cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga tidak harus yang berat-berat atau yang berbiaya mahal. Lakukan olahraga ringan namun rutin. Konsisten.

Di samping olahraga, hal yang perlu kita jaga adalah asupan tubuh. Konsumsi hanya makanan yang halal dan baik bagi tubuh. Hindari konsumsi makanan yang haram atau yang merusak tubuh. Nutrisi sehat lebih dianjurkan sebagai sarapan pagi atau makan malam.

Yang kedua adalah olah akal. Usahakan setiap pagi ada 'asupan' terbaik bagi otak kita. Bacaan yang baik akan menjadikan otak kita semakin terasah. Hindari informasi dan kosakata negatif agar otak kita tidak terkontaminasi. Membaca buku, majalah, mendengar ceramah atau audio seminar adalah pilihan yang baik.

Yang ketiga adalah olah jiwa. Lakukan ibadah dengan khusyuk dan cara terbaik. Sholat malam, sholat subuh, tilawah, bersedekah, silaturahim, menolong sesama adalah aktivitas olahjiwa yang bisa menguatkan ruhani kita.

Jika tiga hal tersebut bisa kita lakukan setiap hari, saya yakin akan banyak hal positif yang Anda peroleh. Ketenangan batin dan kebahagiaan jiwa.

Selamat mencoba!



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT