Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 05 September 2013

Agar Sukses Berkarir

Sisuka dan Nobita adalah 2 orang yang bersahabat dan bekerja di perusahaan yang sama. Mereka bertemans ejak sekolah, kuliah di tempat yang sama dan masuk kerja juga bersama. Dalam perjalanan karir mereka, ternyata karir Sisuka lebih bagus daripada Nobita. Sisuka sudah menjadi manager level menengah di perusahaan tersebut, sedangkan Nobito maish staf biasa.

Apa yang membuat beda antara Sisuka dan Nobita?

Cepat tidaknya sukses yang diraih seseorang dalam berkarier, dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor terbesar ternyata berasal dari diri sendiri.

Karena itu, jika ingin mendapatkan promosi jabatan lebih cepat, ada dua hal penting yang harus diperhatikan. Yaitu, konteks (penampilan) dan konten pribadi (kinerja) Anda.

Meningkatkan konteks 

Konteks pada diri adalah apa yang orang lain dapat lihat dan dengar diri Anda. Karenanya, jaga dan tingkatkanlah tiga hal berikut:
  1. Your appearance (penampilan). Buatlah agar orang kagum dan salut kepada Anda, dan tak ada peluang bagi seseorang untuk mencela, apalagi merendahkan Anda. 
  2. Your word (tutur kata). Dengan begitu siapapun yang berurusan dengan Anda akan merasa nyaman dan paham bahwa Anda pribadi yang berkualitas. 
  3. Your action (tindakan). Anda bukan pribadi yang suka menunda-nunda pekerjaan, dan bukan pula pribadi yang suka meninggalkan pekerjaan sebelum pekerjaan itu tuntas.

Meningkatkan Konten
Konten adalah value dalam diri Anda yang menunjang konteks dalam mencapai kesuksesan.
  1. Knowledge (ilmu pengetahuan). Miliki pengetahuan yang cukup dalam bidang pekerjaan maupun yang terkait dengannya. Wawasan luas akan membawa keuntungan saat Anda berbincang dengan rekan bisnis atau atasan. 
  2. Skill (kemampuan). Dengan ini Anda dapat menunaikan pekerjaan dengan baik dan mahir dalam pekerjaan itu. 
  3. Attitude (perilaku). Agar semua orang, terutama atasan, mendapat kesan positif tentang Anda, sehingga jalan menuju sukses terbuka lebar.
 
Bagaimana menurut Anda?

*diambil buku "Employee Revolution"