Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Minggu, 22 September 2013

Oleh-oleh Wingko Babat

Setiap saya pergi ke luar kota, baik karena tugas kantor atau mengisi seminar, anak saya yang ke-4 paling rajin menelepon. Dan setiap menelepon, ada 2 hal yang tidak pernah ketinggalan ditanya, kapan pulang dan permintaan untuk membawa oleh-oleh.

Anda juga pasti sering mengalami hal tersebut kan? Apalagi anak-anak, kalau dibawakan oleh-oleh, apapun bentuknya pasti menyenangkan. Apalagi jika cara memberikannya atraktif atau dengan cara khusus, pasti jadi spesial.

Hari ini setelah satu hari ada tugas di Surabaya, saya membawa wingko babat. Bukan sesuatu yang istimewa, tapi saya yakin akan jadi spesial. Di samping anak-anak suka dengan jajanan khas daerah, biasanya saya memberikannya dengan didramatisasi..:) sehingga anak-anak antusias menunggunya.

Bagi sebagian orang, apalagi para lelaki, membawa oleh-oleh bisa jadi pekerjaan yang membuat ribet. Sebagian lagi tidak menjadi prioritas atau bahkan banyak sering lupa. Ini perbedaan yang sangat menyolok dengan kaum wanita yang selalu ingat untuk membawa oleh-oleh jika bepergian.

Membawa oleh-oleh sangat penting. Bukan pada apa yang kita bawa, bukan pula apakah barang atau makanan yang kita bawa itu harganya mahal atau sangat murah. Namun yang paling penting dalam hal ini adalah harapan keluarga kita, bahwa kita akan pulang. Kembali ke rumah adalah harapan paling besar anggota keluarga kita. Sebuah keyakinan dan harapan bahwa kita akan kembali.

Hal lain yang bisa kita dapatkan adalah bahwa kita dituntut untuk lebih memahani karakter, sifat dan kesukaan masing-masing anggota keluarga kita. Ini PR bagi yang dikaruniakan anak banyak, pasti masing-masing punya kesukaan yang unik. Dan kita kadang harus membelikan sesuatu yang berbeda untuk mereka sesuai kesenangan masing-masing.

Dan yang tidak kalah penting adalah cara memberikan oleh-oleh bisa menjadi sarana bagi kita untuk melakukan komunikasi dengan anggota keluarga kita. Saya sering memverikan oleh-oleh dengan cara atraktif, misalnya sambil menceritakan cerita-cerita tentang kota yang saya kunjungi, tentang tempat-tempat penting disana, apa yang kita kerjakan selama berkunjung disana, dan lain sebagainya. Bisa juga oleh-oleh dikemas sebagai hadiah khusus.

Kehidupan keluarga adalah bagian penting dalam seluruh kesuksesan hidup kita. Karena itu menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga menjadi keharusan bagi kita apalagi para kepala keluarga. Rumah adalah surga kecil di dunia, sebelum kita menuju surga yang sesungguhnya. Bahagia di keluarga adalah tangga menuju bahagia kita di akhirat.

Selamat memberikan pelayanan terbaik kepada keluarga.[]

Follow twitter saya @jumadisubur



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT