Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 03 Oktober 2013

Buat Apa Kerja Keras?

Semakin sering mengikuti training atau menghadiri seminar, semakin banyak saya bertemud engan orang-orang sukses. Dan dari sana semakin mantap keyakinan saya, bahwa tiada kesuksesan tanpa kerja keras. Dibidang apapun kesuksesan butuh kerja keras. Saya pernah membaca biografinya pengusaha kaya dunia dan Indonesia, mereka pekerja keras. Membaca kisah orang-orang shaleh yang sukses, merekapun juga bekerja keras. bahkan Nabi sendiripun juga pekerja keras

Masing-masing tokoh tersebut memiliki definisi yang berbeda tentang sukses. Namun apapun definisinya, ternyata semua sukses yang diraih mereka selalu berkaitan dengan usaha atau kerja keras.

Dalam sebuah sesi seminar, saya bertemu dengan Coach Yohanes G. Pauly, yang usianya masih sangat muda namun memiliki pengalaman coaching internasional. Salah satu yang beliau sampaikan adalah rumus Sukses:

HAVE = Be x Do
Rumus yang sangat sederhana namun cukup mewakili untuk mengantarkan anda menjadi sukses.

Rumus tersebut diawalai dengan HAVE, yang menggambarkan kesuksesan apa yang ingin anda raih, baik itu kekayaan, karier maupun jabatan. Jika anda ingin sukses maka tentukan, HAVE yang anda inginkan.. Setelah anda menentukan HAVE, barulah anda menyiapkan BE dan melakukan DO.
Be meliputi keterampilan dan pengetahuan yang anda miliki. Sedangkan Do berhubungan kerja keras anda.

Begini simulasinya. Jika Anda menginginkan Have anda bernilai 4, maka anda bisa melakukan dengan 3 cara.

Have = Be x Do


4 = 1 x 4

4 = 2 x 2

4 = 4 x 1

Cara pertama agar anda memiliki kesuksesan dengan nilai 4, anda mempunyai be 1, artinya pendidikan, pengetahuan dan keterampilan atau skill anda rendah. Kemudian anda melakukan kerja keras 4 x lipat dari biasanya, maka anda bisa mendapatkan kesuksesan dengan nilai 4.

Cara lain mendapatkan kesuksesan nilai 4, anda bisa melakukan cara kedua dan ketika, yaitu dengan menambah pendidikan, pengetahuan, wawasan dan keterampilan (skill) anda, meskipun hanya bekerja biasa-biasa saja, anda dengan mudah dapat meraih kesusesan dengan nilai 4.

Coba bayangkan jika anda terus menambah pendidikan, pengetahuan, wawasan, perbaikan sikap, keterampilan dan melakukan kerja 3 atau 4 x lebih keras dari orang lain, tentu anda akan mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Jika Be anda 30 dan melakukan kerja keras 3, anda akan mempunyai Have, 90.

Sungguh sederhana bukan, untuk menjadi sukses itu?

Dari rumus diatas cara terbaik untuk menjadi sukses adalah dengan:
  • Meningkatkan nilai Be anda. Kabar baiknya Anda dapat meningkatkan nilai Be anda setinggi apapun. 
  • Sebaliknya anda tidak bisa meningkatkan Do anda terlalu banyak. Do anda sangat terbatas. Waktu anda tenaga anda sangat terbatas. 
  • Karena itu jika anda ingin sukses dengan mudah lakukan dengan cara yang cerdas, dengan meningkatkan nilai Be anda.
Bergaul dengan orang-orang sukses, mendengar cerita mereka. Membaca buku-buku yang berkaitan dengan bidang yang anda geluti. Terus kembangkan sikap positip dan besarkan mimpi anda. Dan jangan lupa kerja keras, agar hasilnya berlipat.

Jadi ternyata kerja keras saja tidak cukup. Kita harus juga kerja cerdas. Dan satu lagi. Kenyataannya kerja cerdas dan keras kadang mendatangkan kekecewaan jika hasil tidak sesuai dengan ekspetasi kita. Anda juga harus memiliki kelapangan jiwa dalam bekerja, kerja ikhlas.

Semoga selain kita sukses, hidup kita juga menjadi berkah. []