Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 09 Oktober 2013

Ghost Buster vs Bruce Willis

Tidak ada yang tetap di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Begitu kata banyak orang. Jika kita sepakat, berarti memang kita sadari bersama bahwa perubahan selalu terjadi dalam hidup kita.

Transformasi, reorganisasi, restrukturisasi atau apapun istilahnya, kerap terjadi di perusahaan tempat kita bekerja. Hal yang paling lazim adalah terjadinya rotasi, perpindahan tugas, pergantian pimpinan, ganti bos, mendapat anak buah baru, SOP baru atau perubahan lainnya.

Berbicara tentang perubahan, ternyata ada berbagai jenis orang dalam bersikap menghadapi perubahan. Saya menyebutnya dengan 3 jenis orang: Ghost Buster,  WS dan Bruce Willis.

Kelompok pertama adalah Tipe Ghost Buster.
Pernah lihat film Ghost Buster kan? Setiap ada berita tentang kelompok hantu di suatu tempat mereka langsung berangkat. Tanpa ba-bi-bu langsung menuju ke lokasi hantu-hantu itu memburu dan menangkapnya.

Demikian juga dalam hal perubahan, ada sebagian orang yang dengan sigap menyambut perubahan. Mereka memahami seusatu telah terjadi, melakukan antisipasi dan dengan sigap melakukan perubahan sesuai hal baru yang terjadi. Bahkan sebagiannya telah melakukan antisipasi. Dan hebatnya lagi, ada sebagian orang tipe GB ini menyediakan dirinya menjadi champion atas perubahan. Mereka rela menjadi agent of change.

Kelompok kedua adalah kategori WS alias Wait and See.
Orang-orang dalam kelompok tipe ini biasanya melihat-lihat dulu keadaan dan situasi. Jika perubahan itu ternyata aman-aman saja dan tidak membawa dampak negatif buat dirinya maka mereka akan ikut berubah. Jika dirasa semua aman-aman saja atau menjadi lebih baik buat dirinya, kelompok WS ini berbondong-bondong mengikuti.

Sebaliknya jika ternyata perubahan yang terjadi ternyata tidak mulus jalannya. Akibat yang dirasakan tidak signifikan positif atau tidak membawa dampak apapun, mereka cenderung mengolok-olok para Ghost Buster. "Apa kubilang, begini lah jadinya..." begitu kira-kira.
Mereka merasa telah bersikap benar dengan tidak ikut-ikutan berubah. WS ini kategori safety player. Hanya bergerak ketika semua sudah aman.

Tipe ketiga adalah Bruce Willis (BW)
Ingat film Die Hard? Disana Bruce Willis digambarkan sebagai jagoan yang tidak bisa mati. Mati-matian membela diri dan bertahan.

Begitulah sikap sebagian orang dalam menyongsong perubahan. Mati-matian mereka bertahan dengan cara lama. Enggan untuk mengikuti cara baru. Mereka berkeyakinan bahwa apa yang telah terjadi sebelumnya adalah hal terbaik yang harus dipertahankan.
Biasanya orang kategori ini sulit untuk didekati dan diajak dialog. Bahkan mereka cenderung mempengaruhi para WS untuk mengikuti mereka. Menentang perubahan.

Nah, termasuk kategori mana kita? Apakah GB, WS atau BW?

Saya bisa dihubungi di @JumadiSubur