Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 27 Februari 2014

Selalu ON di Tempat Kerja

Sudah pernah membaca buku ON karya tokoh Inspirasi Indonesia yang terkenal dengan panggilan Inspirator SuksesMulia, Jamil Azzaini? Buku ini memang ajaib. Berisi 4 formula sederhana yang sudah akrab di telinga kita : Vision, Action, Passion dan Collaboration. Sering mendengar istilah-istilah itu kan? Formula ini disebuat dengan 4-ON.

Ternyata formula sederhana ini bisa diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Hampir semua masalah kehidupan bertumpu pada ke-4 formula tersebut, baik itu masalah keuangan, keluarga, bisnis, sekolah dan juga karir.

Nah, formula 4-ON juga saya yakin menjadi rumus mujarab untuk menjadikan karir Anda melesat. Bagaimana cara menerapkannya? Tentu saja membaca bukunya secara lengkap akan lebih memberikan gambaran jelas bagi Anda, namun saya akan menyampaikan ringkasan sederhana disini.

Yang Pertama : Vision 
Visi sebenarnya sama dengan impian yang akan kita capai. Apa saja visi hidup kita didunia maupun di akhirat harus selalu dipegang teguh. Dan sebisa mungkin di kuatkan serta dideklarasikan kepada Tuhan, juga kepada orang-orang terdekat sehingga setiap waktu ada yang mengingatkan. Definisikan visi Anda dalam bekerja, sehingga Anda punya arah yang jelas mau jadi apa bekerja di perusahaan ini.

Bekerja tanpa visi hanya akan membawa Anda pada aktivitas harian tanpa arti. Visi yang jelas akan menjadikan Anda memiliki makna tersendiri dalam bekerja.

Dalam istilah saya, muara dari kehidupan kita adalah meraih kebaikan dunia, menebar manfaat bagi sesama dan mendapat kebahagiaan akhirat (2:201). Inilah visi hidup yang sesungguhnya.

Kedua : Action 
Setelah memperkuat Vision maka bekerjalah. Action. Prioritaskan mana yang wajib, sunah atau mubah sehingga dapat mempermudah pencapaian Vision. Sebisa mungkin jangan lakukan yang mubah apalagi yang haram.

Memperkuat Action dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Jangan sampai Visi anda hebat namun action tidak sejalan. Definisi saya, action adalah mengoptimalkan potensi fisik, akal dan ruh untuk kerja yg terencana dan terukur untuk masa depan terbaik (59:18).

Ketiga : Passion
Kerja tanpa passion seperti pasir dalam genggaman, semakin banyak yang digenggam semakin banyak habisnya. Maka temukan Passion Anda dengan membangun cinta. Jatuh cinta saja tidak cukup karena akan pudar beberapa tahun tetapi dengan membangun cinta maka jatuh cinta itu akan terjaga. Terutama jatuh cinta dengan keluarga, pada amal kebaikan dan juga pada pekerjaan.

Apa pekerjaan yang anda senangi dan membuat enjoy, kemungkinan itulah passion anda. Temukan dan asahlah passion anda sehingga menjadi spesialisasi Anda. Optimalkan mesin kecerdasaan yang ada pada diri anda, dominan mana otak yang anda miliki. Fokus pada kekuatan dan kelebihan anda, maka Visi anda akan tercapai lebih mudah.

Bagi saya, passion itu menjadikan cinta, ghirah, azzam yg kuat sebagai energi perubahan (13:11). Sepenuh hati, sepenuh cinta.


Keempat : Collaboration
Manusia merupakan makhluk sosial sehingga memerlukan orang lain dalam hidup. Untuk pencapaian visi anda jika dilakukan sendiri kemungkinan akan sulit maka kolaborasikan dengan orang yang ahli dalam bidangnya. Collaboration dapat dilakukan dimana saja, mudahkan dalam bergaul sehingga dapat menemui mana yang akan anda ajak untuk collaboration. Pentingnya collaboration sudah tidak mementingkan diri sendiri namun bagaimana mencapai sukses bersama. Kerja tim.

Saya mengartikan kolaborasi ini adalah membangun harmoni dalam partnership kebaikan (5:2), mencipta kemanfaatan bagi sesama.

Setelah 4 formula ON Anda lakukan, selanjutnya nikmatilah proses. Tidak untuk sukses yang instan tetapi untuk sukses dan mulia. Bukan hanya sukses, namun juga mulia. Bukan hanya berhasil dalam karir Anda, namun juga bermanfaat bagi sesama dan memberikan karya nyata.

Bagaimana menurut Anda?
Salam persahabatan!
@jumadisubur
Career Coach