Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Senin, 17 Maret 2014

3 Indikator Keunggulan Personal

Bagaimana jika pagi-pagi sesampai di kantor, Anda bertemu dengan orang yang berpakaian tidak rapi, terkesan kumuh, rambut panjang tak teratur, pakai jaket lusuh, sandal jepit. Duduk di kursi kerjanya dengan kaki selonjor, menghadap monitor. Sikapnya acuh, cuek dengan lingkungan sekitarnya. Jika bicara, kalimat yang keluar selalu tidak menyenangkan.

Keluhan selalu menjadi mantra setiap pagi. Seringnya membicarakan kejelekan perusahaan. Hobinya ngomongin atasannya yang dianggap tidak kompeten. Sudah begitu pekerjaannya tidak kunjung selesai. Ada saja alasan untuk ngeles jika ditanya pekerjaan.

Komplit ya?
Apa yang Anda rasakan jika bertemu dengan orang seperti itu?

Sahabat profesional, penampilan, sikap dan perbuatan adalah tiga hal yang kita yakini bersama menjadi tolok ukur kepribadian. Dimana pun kita berada, di perusahaan manapun kita bekerja, apapaun jabatan kita, ketiga hal itu menjadi indikator utama bagaimana kita dinilai.

Dan hanya orang-orang yang memiliki keunggulan personal inilah yang akan mendapatkan tempat terbaik dalam profesinya. Saya mengusulkan agar Anda membangun keunggulan dalam 3 hal:

1) Penampilan Terbaik (Best Appearance)

Pandangan pertama adalah awal dari semua kesan bermula. Dari pandangan pertama inilah semua orang akan menilai siapa Anda. Karena itu upayakan penampilan terbaik, kapanpun, di mana pun dan dalam acara apapun. Sadarilah bahwa Allah menciptkan kita dalam bentuk yang sebaik-baiknya (At Tiin:4). Karena itu sebagai wujud rasa syukur atas karunia penciptaan kita, seharusnya kita menjaga penampilan. Berikan penampilan terbaik setiap saat.

2) Sikap Terbaik (Best Attitude)
Sikap itu meliputi apapun yang terlihat dari perbuatan dan dari apa yang kita katakan. Dalam bahasa komunikasi ada istilah komunikasi verbal dan non verbal. Verbal adalah yang keluar dari ucapan kita. Non verbal adalah bahasa yang nampak dari tingkah laku kita. Termasuk body language. Sikap kita akan menentukan bagaimana orang memberikan penilaian.

3) Kinerja Terbaik (Best Achievement)
Namun pada akhirnya orang tentu akan menilai bagaimana kinerja kita. Apa yang kita hasilkan. Boleh jadi kesan pertama dengan penampilan tidak begitu bagus, namun jika hasil kerja kita unggul, maka orang akan memberikan penilaian terbaik kepada kita.

Tiga hal ini saling dukung-mendukung satu sama lain. Bayangkan jika ketiga hal ini kita miliki, tentu kita akan memiliki keunggulan mutlak dibanding dengan rekan kerja kita. Demikian juga bagi Anda yang berbisnis atau menjadi profesional. 3 Indikator keunggulan personal itu layak Anda bangun dalam diri, agar menjadi insan yang berbeda, bukan sekedar biasa-biasa saja.

Bagaimana dengan Anda?

Salam persahabatan.
@jumadisubur