Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Jumat, 14 Maret 2014

Bagaimana Jika Kupu-kupu Enggan Datang?

Tulisan saya tentang menangkap kupu-kupu ternyata mendapat respon yang sangat banyak. Seorang teman berkomentar, saya sudah membuat taman, taman sudah rindang, bunga bermekaran, namun sekian lama kupu-kupu enggan datang.

Tentu saja ia sedang membuat analogi. Karena masih terkait dengan postingan saya sebelumnya, silakan baca juga artikel "Menangkap Kupu-kupu" ya..:)

Jika Anda mengalami kejadian seperti yang dialami teman saya itu, bisa jadi Anda salah memilih bunga. Ada jenis bunga yang disukai kupu-kupu jenis tertentu, ada yang tidak suka. Bisa jadi jenis bunga yang Anda pilih adalah jenis bunga yang tidak disukai kupu-kupu di sekitar taman milik Anda.

Sahabat profesional, di awal karir, bahkan ketika kita mencari kerja, kita banyak membuat CV atau mengirim lamaran ke banyak perusahaan, namun hanya sebagian kecil yang memanggil kita untuk ikut seleksi. Bahkan ada orang yang sudah mengirim ratusan lamaran, namun tidak satu pun yang memanggilnya. Hal ini juga terjadi pada orang yang sedang ingin berpindah kerja. Atau baru saja berhenti dari pekerjaan sebelumnya dan ingin mendapatkan pekerjaan baru.

Namun, ada sebagian kecil orang yang tidak pernah membuat lamaran atau mengirim-ngirim CV ke berbagai perusahaan malah banyak mendapat penawaran kerja. Bahkan ada yang mendapat tawaran gaji lebih tinggi jika mau bergabung dengan perusahaan ini..

Ibarat bunga, bunga jenis ini menarik banyak kupu-kupu yang datang. Bahkan kupu-kupu dari tempat yang jauh pun bisa 'ngluruk' ke taman itu.

You see? Ada sebagian orang yang begitu susah mendapat pekerjaan, susah promosi, susah naik pangkat, bisnis susah berkembang, pelanggan jarang datang. Namun ada sebagian orang yang dikejar-kejar peluang, mudah mendapat pekerjaan, bisnisnya lancar, pelanggan berduyun-duyun menghampirinya.

Menurut Anda, apa yang membedakan keduanya?


Salam Persahabatan!

Jangan biarkan karir dan hidup Anda mengalir begitu saja. Hidup harus bertumbuh. Baca selalu www.tentangkarir.com
Ingin diskusi dengan saya? Follow @jumadisubur