Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Kamis, 20 Maret 2014

3 Sifat Anjing

Anjing, salah satu binatang yang sering dibicarakan..he..
Anjing juga salah satu jenis hewan yang dekat dengan manusia. Bahkan banyak orang yang sangat akrab dengan binatang ini. Ada yang menjadikannya penjaga rumah, penjaga kebun atau ternak lain, menjadi teman di rumah bahkan ada yang menjadikannya teman tidur. Hewan yang memiliki beragam spesies ini juga ada jenis khusus yang bisa dilatih untuk menjadi pemburu, penyelidik bahkan kerap membantu polisi menyelesaikan kasus-kasus kejahatan.

Namun ada juga yang kerap menjadikan sebutan binatang ini sebagai kata cacian atau pelecehan kepada orang lain. Bahkan kata 'anjing' kerap sekali kita dengar teruangkap dari orang-orang yang sedang marah, berantem atau dengan sadar diucapkan untuk menghardik orang lain. Bahkan anehnya banyak digunakan juga dalam bahasa asing atau bahasa daerah yang memiliki artti sama dengan nama binatang itu.

Di luar hal itu semua, jika kita cermati, ternyata anjing memiliki sifat-sifat baik yang bahkan mungkin kita bisa belajar dari sifat anjing. Bisa jadi sifat-sifat itu justru bisa kita terapkan dalam menekuni profesi yang kita jalani. Diantara sifat-sifat anjing yang baik adalah:

1) Persisten.
Arti kata persistensi atau kegigihan (dalam bahasa Inggris persistent) adalah tetap teguh pada pendirian atau pikiran; keras hati; mengotot; ulet. Ada juga yang mengartikan berdaya juang tinggi.
Kita tahu, anjing dan kucing sering disebut musuh bebuyutan. Dimanapun selalu kita dapati anjing akan terus mengejar kucing. Ada yang bilang itu sudah terjadi dari ribuan tahun lalu. Namun apakah Anda tahu berapa kali anjing berhasil menangkap kucing? Jarang!
Namun apakah anjing pernah berhenti mengejar kucing? Tidak pernah. Anjing never give up.  Ia terus gigih mengejar kucing, sampai kapanpun. Pantang menyerah.

2) Loyal dan setia
Di luar negeri, sering kali anjing diajak majikannya untuk berburu angsa. Jika sang majikan membidik angsa terbang dengan tembakan, lalu kena, maka si anjing serta merta berlari mengambilnya, lalu diserahkan kepada tuannya. Si anjing sama sekali tidak berkhianat, misalnya dengan membawa lari atau menciderai angsa buruan, tidak. Ia menyerahkan hasil buruan apa adanya.

Jika sudah dekat dengan majikan, apalgi sudah dilatih sedemikian rupa, anjing menjadi binatang yang sangat loyal dan setia. Disuruh apapun ia akan melakukan dengan baik. Disuruh jaga rumah, ia akan melakukan tugasnya dengan baik, dengan segala daya upaya. Disuruh berburu ia melakukannya. Anjing adalah tipe binatang yang loyal dan setia kepada majikan.

3) Tidak mendendam, mudah memaafkan.
Sering kali jika majikan jengkel atau marah kepada anjing piaraannya, ia memukul atau memberi hukuman yang lainnya pada si anjing. Namun apa yang terjadi? Dalam waktu sekejap si anjing sudah negndus-endus lagi kaki majikan. Ia bisa mengerjakan tugas lagi dengan baik. Tidak ngambeg, tidak pundhung. Seakan-akan ia sudah melupakan kalau pernah dipukul majikannya. Ia mudah memaafkan dan tidak menyimpan dendam.

Nah, tenryata banyak sifat-sifat anjing yang layak kita jadikan pelajaran. Dan bukankah sifat-sifat itu juga sangat perlu kita terapkan dalam kehidupan pekerjaan kita?

Salam persahabatan.
@jumadisubur