Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Rabu, 10 September 2014

Jiwa Muda

Akhir pekan lalu menjadi saat yang sangat berkesan bagi saya. Turut serta menjadi fasilitator dalam acara Supercamp 2014 bersama 17 teman facil lainnya, puluhan pamitia, memandu kurang lebih 250 mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Bandung adalah pengalaman yang sungguh berkesan.

Aura semangat sudah mulai terpancar ketika kami pertama kali berkumpul di rumah Coach Surya (@suryakresnanda) yang luas nan asri. Tim facilitator yang berdatangan dari berbagai daerah dan bermacam-macam latar belakang langsung terpadu akrab seakan sudah bertemu lama. Padahal sebagian besar baru bertemu pertama kali hari itu. Malam itu mereka berkumpul untuk persiapan acara supercamp esoknya.

Disinilah saya dibuat takjub. Beberapa sosok pemuda yang kemudian kami kenal bernama Fauzi, Ibay (Iqbal) dan Silmi, mereka adalah panitia acara supercamp ini. Usia mereka sangat muda, baru lulus kuliah, bahkan masih mahasiswa. Namun semangat yang terpancar dari wajah mereka membuat lelah perjalananku menjadi sirna. Sejak berkenalan, saya sudah menangkap aura semangat yang menggelora. Terlebih ketika mereka memberikan brifing pada kami, dan takjub kami terus bertambah sampai penyelenggaraan supercamp ini hiingga selesai.

Mereka inilah representasi pemuda yang menjadi harapan masa depan. Intelek, enerjik dan kreatif. Dan yang makin membuat kami terkesima, balutan akhlak dan ruhiah yang mempesona. Iman terpancar dari wajah-wajah mereka.

Jiwa muda, mungkin banyak yang merasa memilikinya. Namun sejatinya ada karakter yang mesti dimiliki oleh pemuda sejati harapan bangsa: kelurusan aqidah, benar dalam beribadah, akhlak yang mulia, jasad yang kuat, wawasan intelektual yang luas, mandiri dan kemampuan memenej waktu dengan baik.

Dan hari itu kami, para facil yang sebagian sudah berusia sekitar 40 tahun bahkan lebih, mendapat pelajaran berharga dari guru-guru muda kami. Fauzi, Ibay, Silmi, terima kasih telah menginspirasi kami. Jika ada 10 saja pemuda seperti kalian, dunia pasti berubah menjadi lebih baik.

*kenangan Supercamp 2014, Bandung. One team, one spirit, one goal!

www.tentangkarir.com