Pelatihan SDM untuk UKM dan Korporat | bersama Jumadi Subur, CPHR (Pakar SDM) | Hub. 0815 1321 2579

Melayani konsultasi dan pelatihan | Manajemen SDM untuk UKM | Excellent Service | Management Development Program | Hello Career for Fresh Graduate | Persiapan Pensiun (Ready to Retire) | Hub. 0815 1321 2579 |

Senin, 22 September 2014

Menambah Semangat dengan Menyanyi

Kadang ku takut dan gugup
Dan kumerasa oh..oh tak sanggup
Melihat tantangan di sekitarku
Aku merasa tak mampu

Namun aku tak mau menyerah
Aku tak mau berputus asa
Dengan gagah berani aku melangkah
Dan berkata: aku bisa

Aku bisa,
Aku pasti bisa,
Kuharus terus berusaha
Bila kugagal itu tak mengapa

Setidaknya kutelah berusaha

Itu adalah sebagian syair lagu ’Aku Bisa’ yang dinyanyikan AVI yunior. Saya sangat senang menyanyikan lagu itu apalagi bersama anak-anak. Lagu ini sangat inspiratif dan sering saya putar pada pelatihan-pelatihan motivasi yang saya bawa. Atau bahkan saya ajak peserta untuk menyanyi bersama-sama.

Menyanyi. Salah satu obat penghilang kejenuhan adalah menyanyi. Menyanyi dapat mengendorkan ketegangan urat syaraf dan mengatasi rasa bosan. Terutama lagu-lagu yang bernilai positif dan menggugah semangat hidup. Itulah sebabnya di beberapa perusahaan, nyanyian digunakan sebagai pengiring aktivitas kerja yang dikumandangkan melalui pengeras suara. Sehingga para pekerja akan bersemangat dalam bekerja.

Secara psikologis, lagu, nyanyian, irama atau senandung apapun akan mempengaruhi daya kreatifitas otak kanan kita. Dengan mendengarkan lagu, otak kita akan menjadi seimbang. Jika sebelumnya kitaa bekerja, memecahkan persoalan-persoalan dan hitungan bisnis yang memusingkan otak kiri kita maka dengan mendengarkan lagu atau berdendang akan mengasah otak bagian artistik kita.

Ada beberapa lagu yang sering diputar saat acara-acara pelatihan untuk memberikan motivasi kepada pesertanya. Biasanya lagu yang irama dan syairnya memberikan semangat. Misalnya lagu We Are the Champion, lagu-lagu yang sedang tren, lagu yang banyak diminati peserta. Ada juga yang memutarkan video clip lagu-lagu yang membuat semua orang menghentakkan kaki untuk bergerak dan atau bernyanyi bersama.

Namun kadang saya juga merasa heran dengan sebagian besar orang Indonesia yang lebih senang lagu-lagu yang ’menderita’ seperti jaman dulu ada ’termiskin di dunia’, ’gubuk derita’ atau lagu-lagu cengeng lainnya. Bahkan lagu-lagu yang isinya patah hati, malah menjadi lagu yang banyak digemari. Padahal saat kita mendengarkan lagu-lagu seperti itu kita bukan tambah semangat malah sebaliknya menjadi lemah dan kehilangan semangat.

Beruntung akhir-akhir ini banyak lagu yang menumbuhkan semangat, optimisme dan mengajak kita terus bergerak mencapai kesuksesan. Untuk membangkitkan semangat kerja, hafalkan lagu-lagu yang liriknya bernilai positif dan mampu menggugah motivasi Anda. Nyanyikan lagu itu pada saat Anda merasa bosan dan lemah semangat. Jika Anda merasa malu menyanyikannya, maka cukup nyanyikan dalam hati atau berguman...:)

Salam persahabatan.
@jumadisubur